1,2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac Tiba di Indonesia

1,2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac Tiba di Indonesia

Sebanyak 1,2 juta dosis Vaksin Covid-19 produksi Sinovac, China, malam hari ini, Minggu (6/12/2020), tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sekitar pukul 21.30 WIB, puluhan kontainer berisi vaksin tersebut, diturunkan dari Pesawat Boeing 777-300 milik Maskapai Garuda Indonesia.

Lewat pesan video dari Istana Bogor, Jawa Barat, Joko Widodo Presiden mengumumkan kabar baik terkait kedatangan vaksin yang diharapkan bisa mengatasi pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Kata Presiden, pemerintah masih berupaya mendatangkan 1,8 juta dosis vaksin lagi awal Januari 2021.

Selain vaksin dalam bentuk jadi, bulan ini juga akan datang 15 juta dosis vaksin, dan tambahan lagi sebanyak 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah yang akan diproses PT Bio Farma, Januari tahun depan.

Jokowi mengatakan, untuk memulai vaksinasi massal, masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kita amat bersyukur Alhamdulilah vaksin sudah tersedia, artinya kita bisa segera mencegah meluasnya wabah Covid-19. Tapi, untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan,” ujar Jokowi.

1,2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac Tiba di Indonesia
Sebanyak 1,2 juta dosis Vaksin Covid-19 produksi Sinovac, China, malam hari ini, Minggu (6/12/2020), tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Foto: Biro Pers Setpres

Menurutnya, seluruh prosedur harus berjalan dengan benar, untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat, serta mengukur efektivitas vaksin.

Maka dari itu, pertimbangan ilmiah dan hasil uji klinis tahap ketiga Vaksin Sinovac yang dilaksanakan di Bandung dari bulan Agustus, akan menentukan waktu dimulainya vaksinasi massal.

Lebih lanjut, Jokowi Presiden mengingatkan, sistem distribusi vaksin ke daerah merupakan hal yang sangat penting. Proses itu berkaitan dengan peralatan pendukung, SDM, serta tata kelola vaksinasi.

Karena berbagai daerah sudah melakukan persiapan dan simulasi, Jokowi optimistis semua daerah siap melaksanakan program vaksinasi.

Lebih lanjut, Presiden berharap semua pihak mengikuti pengumuman dan petunjuk dari petugas vaksinasi, karena penyintikan vaksin untuk semua penduduk secara bersamaan tidak mungkin dilakukan.

Walau pun vaksin Covid-19 sudah ada, Jokowi tetap meminta masyarakat disiplin protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan. (rid/ang)

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src=”https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.10&appId=2711695858907371″;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/12-juta-dosis-vaksin-covid-19-produksi-sinovac-tiba-di-indonesia/

Tinggalkan Balasan