Close
Swipe Up to Read Content

13 Anak Surabaya dan Malang Meninggal akibat Gagal Ginjal Akut Misterius

13 Anak di Surabaya dan Malang Meninggal akibat Gagal Ginjal Akut Misterius
13 Anak di Surabaya dan Malang Meninggal akibat Gagal Ginjal Akut Misterius

Infosurabaya : Sebanyak 13 anak di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, meninggal dunia akibat gangguan gagal ginjal akut misterius. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDI) Jawa Timur Sjamsul Arief.

“Yang meninggal ada 10 di Surabaya dan tiga di Malang (akibat gangguan gagal ginjal akut misterius),” kata Sjamsul, Kamis (20/10/2022), seperti dilansir Antara. Adapun balita yang meninggal berada di rentang usia 1 hingga 5 tahun.

24 kasus Sebelumnya Sjamsul menyebutkan, ada 24 temuan kasus gangguan ginjal akut misterius di Jawa Timur. Sebanyak 15 berada di Surabaya dan 9 lainnya di Malang.

Namun, dia tidak bisa memastikan apakah 24 anak tersebut merupakan warga Surabaya dan Malang saja atau ada pasien rujukan dari daerah lain.

“Tidak tahu, itu data dari RSUD dr Soetomo dan RSUD Saiful Anwar. Karena dua rumah sakit tersebut yang bisa melakukan hemodialisa (terapi cuci darah) mungkin rujukan dari kabupaten atau kota lain,” kata dia. Sjamsul memastikan, anak-anak yang masih sakit telah mendapatkan perawatan di beberapa rumah sakit. “Alhamdulillah sudah mulai membaik. Masih demam, tapi sudah proses penyembuhan sudah observasi,” katanya.

Dia berpesan, orangtua rajin meneliti dan mengecek kondisi anak. “Anak dengan berat 10 kg air kencingnya sebanyak 30cc. Bila anak tidak buang air kecil selama enam jam, maka harus dilakukan observasi dan penelitian lebih lanjut,” katanya.

Dia juga mengingatkan para orangtua untuk tidak sembarangan memberi obat. “Kalau anak panas, jangan dikasih sirup. Jangan tiap jam dikasih obat. Dibawa ke dokter aja dulu. Nanti dikasih puyer supaya demamnya turun,” kata dia.

👆🏽PROMO GRATIS👆🏽
👆🏽PROMO GRATIS👆🏽

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *