75 Dokter di Surabaya Terpapar Covid, 2 Meninggal Dunia

  • Bagikan
75 Dokter di Surabaya Terpapar Covid 2 Meninggal Dunia
75 Dokter di Surabaya Terpapar Covid 2 Meninggal Dunia

Info Surabaya – 2 Dokter Surabaya Meninggal Dunia, Ikatan Dokter Indonesia (ID) Surabaya menyebut ada 75 dokter di Surabaya terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka terjangkit saat kasus mulai meningkat pasca-Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah.

Dari 75 dokter, sebanyak 17 orang di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit, 58 melakukan isolasi mandiri dan dua orang telah dinyatakan gugur atau meninggal dunia.

“75 dokter IDI Surabaya yang sedang terpapar, 2 meninggal dunia,” kata Ketua IDI Surabaya dr Brahmana Askandar, Jumat (25/6). Lebih lanjut, Brahmana mengatakan, 58 dokter yang sedang menjalani isolasi mandiri itu mengalami gejala ringan, seperti nyeri otot dan batuk ringan. Sementara 17 lainnya mengalami gejala sedang.

2 Dokter Surabaya Meninggal Dunia

“Yang 17 karena ada keluhan dan perlu observasi sehingga perlu masuk RS,” kata dia.

Menurut Brahmana, banyaknya jumlah dokter yang tengah terpapar Covid-19 ini, merupakan dampak dari meningkatnya jumlah kasus pasca-Lebaran. “Kalau sumbernya [angka kasus Covid-19] tinggi, pasti ada kemungkinan [dokter] terpapar makin tinggi,” ucapnya. dikutip dari cnnindonesia

Ia khawatir jika hal ini terus dibiarkan, maka akan banyak dokter yang terpapar Covid-19. Dampaknya, efektivitas penanganan pandemi di Surabaya pun terpengaruh.

“Kalau dokter terpapar itu kan kualitas layanan kami untuk masyarakat bisa menurun. Alat bisa dibeli mungkin orang yang memberikan donasi banyak, tapi tenaga dan lain-lain?” katanya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu, kata Brahmana, daoat meminimalisasi risiko terjadinya penularan.

IDI sebelumnya mencatat 61 dokter meninggal setelah terpapar Covid-19 sepanjang Februari-Mei 2021. Dari puluhan kematian itu, 14 di antaranya sudah mendapat suntikan dosis vaksin Covid-19.

Sementara data Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mencatat jumlah tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 mencapai 324 orang dalam kurun 15 Mei-19 Juni 2021. Sebanya 23 orang di antaranya meninggal dunia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×