34 TKI yang Tiba di Jawa Timur Terpapar Covid-19

  • Bagikan
34 TKI yang Tiba di Jawa Timur Terpapar Covid-19

Surabaya – Sebanyak 34 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri yang tiba di Jawa Timur, dinyatakan terpapar Covid-19. Kini mereka pun harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan, Indrapura (RSLI), Surabaya usai semoat dan harus menjalani masa karantina di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya.

“Mereka yang dinyatakan positif itu, merupakan PMI yang tiba dari negara Malaysia, Hongkong, Singapura dan Brunei Darussalam,” ungkap Ketua Pelaksanan Relawan PPKPC-RSLI, Radian Jadid, Selasa (4/5/2021).

Radian mengungkapkan, dalam sepekan terakhir ini TKI yang tiba masih dari wilayah Asia Tenggara. Sedangkan PMI dari Timur Tengah diperkirakan akan tiba dalam sepekan kedepan. Selain itu, sejumlah 34 TKI tersebut terdiri dari 17 laki-laki dan 17 perempuan. Sebagian besar, mereka merupakan warga Madura, yakni dari Sampang, Pamekasan, Bangkalan dan Sumenep.

Sedangkan yang lainnya berasal dari Jember, Probolinggo, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo Jawa Timur, dan satu orang lain dari Kendal, Jawa Tengah.

“Mereka akan diberikan pelayanan khusus, akan di monitoring kondisinya mulai masuk RSLI, selama perawatan hingga kepulangan nantinya,” ujarnya.

Penanggung jawab RSLKI, Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, mengatakan bahwa RSLI selalu siap siaga dalam menangani penderita Covid-19 yang berasal dari PMI.

“Mereka, justru menjadi perhatian serius, karena sangat berpotensi terjangkit dan menjadi perantara Covid-19 varian baru,” kata Dewa.

Menurutnya, berkaca pada meningkatnya kasus Covid-19 di India, pihaknya tidak mau kecolongan. Segala langkah antisipasif dan monitoring ketat akan dilakukan dalam penanganan penderita Covid-19 yang berasal dari PMI.

“Contoh paling jelas adalah kasus di India. Adanya vaksinasi lebih dari 100 juta warga India telah menjadikan mereka euforia sehingga melupakan protokol kesehatan yang ada,” paparnya.

Padahal angka tersebut masih minim jika dibandingkan dengan total 1,3 miliar jumlah penduduk India. Hal itu juga masih jauh dari syarat herd immunity yang mengharuskan 70 persen dari populasi sudah tervaksinasi.

“Apalagi terbaru, kondisi Malaysia juga mulai ada indikasi mengarah kesana. Beberapa rumah sakit covid di sebagian kota di Malaysia sudah mulai penuh dalam menangani pasien Covid-19,” tutur Dewa.

Untuk itu pasien yang berasal dari Malaysia juga menjadi perhatian khusus. Ia menyebutkan, informasi yang masuk menunjukkan dari 28 April hingga 4 Mei 2021, setidaknya sudah masuk sejumlah 4.177 PMI yang tiba.

“Diketahui juga sebanyak 2.298 orang berasal dari Malaysia,” pungkas Dewa.

Berita “34 TKI yang Tiba di Jawa Timur Terpapar Covid-19” Sudah Tayang Sebelumnya di infosurabaya.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×