50 Ribu Nakes di Jatim Belum Kebagian Vaksin

  • Bagikan

Surabaya – Program Vaksinasi Covid-19 di Jatim sudah berjalan sejak sebulan lalu. Program vaksinasi tahap pertama diprioritaskan terhadap para tenaga kesehatan, dan para pekerja di layanan kesehatan.

Namun dua tahapan distribusi vaksin dari pemerintah pusat, tidak mencukupi untuk kebutuhan vaksin terhadap sumber daya manusia (SDM) kesehatan di Jatim. Kepala Dinas Kesehatan Jatim Herlin Ferliana mengatakan, saat ini ada sekitar 50 ribuan SDM kesehatan yang belum dilakukan vaksinasi. Dengan kebutuhan 104252 vial vaksin.

“Kita sudah mengajukan distribusi kekuarangan tersebut ke Kementrian Kesehatan, semoga secepatnya bisa didistribusikan,” terangnya pada Selasa (09/02/2021).

Berdasarkan data Dinkes Jatim, Herlin mengungkapkan sampai tanggal 28 Januari 2021, setiap tempat layanan kesehatan sudah mendaftarkan SDM nya untuk mendapatkan vaksinasi. “Total jumlahnya ada 230293 orang,” ungkapnya.

Sementara itu, jumlah SDM kesehatan yang sudah tervaksin sebanyak 185860 orang. “Mereka ini harus divaksin 2 kali direntang waktu 14 hari. Sehingga vaksin yang dibutuhkan sebanyak 371720 vial,” ujar Herlin.

Herlin menjelaskan vaksinasi pertama agar tubuh mengenali virus sehingga membentuk anti bodi sudah berjalan 90,89 persen. “Sedangkan vaksinasi kedua direntang waktu 14 hari juga sudah mulai berjalan di beberapa kabupaten kota, seperti Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Kisarannya sekitar 9,98 persen,” ujarnya.

Herlin menambahkan vaksinasi terhadap kelompok SDM kesehatan ini juga dilakikan terhadap mereka yang berusia 60 tahun keatas. “Proses vaksinasinya sama, hanya rentang waktu dari vaksin pertama dan kedua yang berbeda. Kalau dikelompok usia dibawah 60 tahun dilakjkan direntang waktu 14 hari. Mereka ini direntang waktu 28 hari,” jelasnya.

Herlin kembali mengatakan program vaksinasi terhadap kelompok SDM kesehatan di jadwalkan selesai pada pertengahan bulan Februari 2021. Yang kemudian pada minggu ketiga Februari dilanjutkan kepada kelompok TNI/Polri, dan pelayan masyarakat.

Informasi “50 Ribu Nakes di Jatim Belum Kebagian Vaksin” Telah Tayang di infosurabaya.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×