9.000 Warga Surabaya Antre Tempati Rusun

  • Bagikan
9.000 Warga Surabaya Antre Tempati Rusun

Surabaya – Komisi C DPRD Kota Surabaya mendorong Pemerintah Kota untuk segera mengadakan evaluasi pembangunan rumah susun (rusun). Hal ini, lantaran banyaknya warga kota yang antre untuk bisa tinggal di rusun. Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya Aning Rahmawati di Surabaya mengatakan, pihaknya meminta Pemkot Surabaya untuk memikirkan nasib sekitar 9.000 warga yang antre untuk bisa menempati rusun.

“Dengan antrean tersebut dan melihat biaya pembangunan rusun yang masih tinggi atau senilai Rp8,5 juta/m2, tentunya harus dikaji lagi,” ungkap Aning, Selasa (30/3/2021).

Aning mengungkapkan, per 100 unit atau dalam 1 tower dibangun dengan biaya Rp23 miliar atau Rp210 juta per unit. Selama ini, lanjutnya, hanya 5 lantai dengan biaya maintenance Rp15 miliar per tahun se-Kota Surabaya (103 tower). Karena itu, komisi C mendorong Pemkot Surabaya untuk punya roadmap pengentasan warga yang antrean untuk tinggal di rusun itu.

“Antrean itu bisa diatasi dengan menambah jumlah lantai disetiap unit, apakah itu jadi 10 lantai atau 20 lantai dengan menggunakan lift. Makanya, Komisi C mendorong dibuat kajian yang intensif,” ujarnya.

Ia mencontohkan, bila pembangunan rusun 5 lantai, maka perlu 90 tower (per tower 100 unit). Sedangkan pembangunan rusun 20 lantai, maka perlu 23 tower yang bisa diselasaikan dalam waktu 8 tahun asalkan setiap tahun bisa dibangun 3 rusun.

“Jika dibangun 5 rusun pertahun maka selesai dalam waktu 4 tahun,” kata Aning.

Meski begitu, alternatif lain untuk menutupi dan mengembalikan bep lift dengan menetapkan biaya sewa yang proporsional. Ia menyebut sesuai ketetapan UU maksimal 3 persen (nilai kontruksi/jumlah unit yang ada), sedangkan pemkot masih belum ada 0. 5 persen.

“Rusun Gunung Anyar sudah siap dipakai saat ini tinggal menunggu pipa air tersier dari PDAM Surabaya yang belum terkoneksi. Kapasitas Rusun Gunung Anyar mencapai 100 unit dan 62 sudah terisi,” pungkas Aning.

Informasi ” 9.000 Warga Surabaya Antre Tempati Rusun
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/03/30/9-000-warga-surabaya-antre-tempati-rusun/

Cari Berita Terkait 9.000 Warga Surabaya Antre Tempati Rusun
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×