9 Makanan Penghilang Jerawat

  • Bagikan
9 Makanan Penghilang Jerawat

Surabaya Makanan penghilang jerawat bisa membantu mengurangi dan juga mencegah timbulnya jerawat. Makanan tersebut di dapatkan dari beberapa bahan alami yang tinggi serat dan juga antioksidan.

Dikutip dari Tiege, ada beberapa makanan yang menjanjikan dapat memperbaiki jerawat. Mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan dan asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala timbulnya jerawat.

Kombinasi diet padat nutrisi dan sistem perawatan jerawat dapat membantu menjaga kulit wajah tetap bersih.

Berikut ini makanan penghilang jerawat yang bisa dikonsumsi:

1. Alpukat
Buah alpukat sarat dengan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Alpukat kaya akan antioksidan seperti vitamin E yang terbukti dapat mengatasi jerawat dengan mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Buah alpukat sebaiknya dikonsumsi untuk smoothies atau dicampurkan ke dalam salad agar manfaatnya lebih optimal. Hindari mengonsumsi buah alpukat dengan tambahan gula atau bahkan susu kental manis.

2. Blueberry
Buah ini dikemas dengan antioksidan yang bersifat anti penuaan. Studi menunjukkan bahwa blueberry juga dapat meningkatkan resistensi insulin yang dikaitkan dengan jerawat parah. Kadar insulin yang tinggi diketahui memicu hormon androgen (hormon seks) yang pada gilirannya akan memicu kelenjar penghasil minyak untuk memproduksi minyak berlebih. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

3. Tiram
Tiram mengandung zinc yang sangat tinggi, antioksidan yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Ini juga dapat membantu mengendalikan peradangan dan mengurangi kemerahan pada jerawat yang parah.

Zinc juga memiliki efek menstimulasi kolagen dan dapat meningkatkan pergantian sel. Ini dapat membantu kulit mengelupas sel-sel kulit mati yang berpotensi menyumbat pori-pori dan membuat kulit tampak lebih cerah.

4. Brokoli
Brokoli dikemas dengan nutrisi penting, termasuk vitamin A,B kompleks, C, E dan K. Antioksidan kuat ini memberikan banyak manfaat bagi kulit, termasuk kemampuan melawan radiasi UV dan mengurangi peradangan.

Makanan penghilang jerawat ini juga mengandung vitamin A yang berperan penting dalam pengelupasan sel kulit mati yang dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat. Vitamin A dosis rendah dalam bentuk kapsul juga telah terbukti memperbaiki jerawat sedang.

5. Kunyit
Makanan penghilang jerawat yang ampuh lainnya adalah kunyit. Kunyit mengandung flavonoid, sekelompok besar fitonutrien yang menghambat enzim yang dapat menyebabkan respon peradangan dan memperburuk jerawat. Kunyit terbukti tidak hanya mengurangi jerawat, tetapi juga memperbaiki gejala eksim, psioriasis dan photoaging.

6. Ubi
Makanan lain yang tinggi beta-karoten seperti ubi jalar juga disebut sebagai makanan penghilang jerawat. Ubi jalar mengandung vitamin A, B6 dan C. Vitamin B6 memainkan peran penting dalam menjaga sistem saraf untuk menjaga tingkat stres terkendali.

Ubi jalar juga mengandung tembaga dan mangan. Meskipun kedua elemen ini sering dibayangi oleh zinc, keduanya dikenal dapat memerangi jerawat. Baik tembaga dan mangan, juga dapat membantu tubuh membentuk kolagen yang mempercepat proses penyembuhan dan berpotensi mencegah jaringan parut jerawat.

7. Air putih
Selain makanan, ada juga minuman yang bisa membantu menghilangkan jerawat. Air sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan tetap terhidrasi.

Mengonsumsi air dapat membantu ginjal mengeluarkan racun dari tubuh. Penumpukan racun dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Air juga dapat membantu mempertahankan keremahaan dan vitalitas kulit. Dehidrasi dapat menyebabkan kerusakan kolagen, membuat kulit Anda lebih rentan terhadap penuaan dini dan kerutan.

8. Mentimun
Mentimun sebagian besar terdiri dari air dan juga mengandung nutrisi penting yang menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi bengkak.

Ketimun memiliki banyak vitamin C dan E, keduanya diketahui dapat mengurangi kondisi kulit seperti jerawat dan psioriasis. Mengonsumsi makanan ini juga memberi manfaat bagi kulit karena sifatnya yang menenangkan.

9. Telur
Telur adalah sumber nutrisi pelawan penyakit. Telur juga mengandung vitamin A dan B12 yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada beberapa jenis telur yang membantu mengurangi peradangan.

Selain omega 3, telur juga mengandung 22 persen dari asupan selenium harian yang direkomendasikan. Dam jumlah yang lebih kecil, telur memiliki kandungan zinc, mangan, tembaga dan vitamin E yang semuanya dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

Informasi ” 9 Makanan Penghilang Jerawat
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/02/25/9-makanan-penghilang-jerawat/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×