Acararaki Jamu Kenalkan Budaya ‘Nge-Jamu’ Kekinian di Djaman Doeloe Resto & Bar

Acararaki Jamu Kenalkan Budaya ‘Nge-Jamu’ Kekinian di Djaman Doeloe Resto & Bar
Acararaki Jamu Kenalkan Budaya ‘Nge-Jamu’ Kekinian di Djaman Doeloe Resto & Bar
Acaraki hadir di Surabaya dengan ragam jamu yang khas di Djaman Doeloe Resto & Bar

iniSURABAYA.com – Di akhir tahun 2021, Djaman Doeloe Resto & Bar yang berlokasi di Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah menyajikan acara apik, yaitu mengundang Acaraki Jamu dari Jakarta untuk mengambil alih bar mereka dalam acara bertajuk ‘Perjamuan Nusantara’.

Menurut Rizal Afandi, Complex Director of Food and Beverages Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah dan The Westin Surabaya, agenda tersebut sebagai upaya mengenalkan budaya Indonesia dalam segala aspek kehidupan sehari-hari yang juga jadi misi restoran premium di kawasan Surabaya Barat tersebut.

Rizal menambahkan, Djaman Doeloe Resto & Bar, Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah yang berfokus di dunia kuliner, sedari awal memiliki visi dan misi untuk melestarikan budaya Indonesia lewat setiap kreasi makanan dan minumannya.

Termasuk aktivasi acara, yang di bulan ini bertepatan dengan hotel anniversary Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah yang kedua.

“Di event 2nd anniversary tahun ini, kami menggandeng Acaraki Jamu, brand jamu terkenal dari Jakarta. Tidak hanya produk, kemasan dan prosesnya yang unik, tetapi mereka juga memiliki story kuat dalam menyajikan setiap hidangan jamunya,” tutur Rizal.

Yang terpenting, lanjut Rizal, misi kami dalam melestarikan budaya dan kuliner Indonesia juga selaras, sehingga kami memiliki semangat sama dalam acara ini.

“Bedanya, mereka dengan jamunya, kalau Djaman Doeloe Restor & Bar dari kreasi makanan dan ambiance keseluruhan dari restorannya,” imbuh Rizal.

Adapun menu buffet yang disajikan di ‘Perjamuan Nusantara’ oleh Djaman Doeloe Restor & Bar merupakan kreasi dari Head Chef Djaman Doeloe Resto & Bar, Chef Lukman Santoso.

Salah satu highlight menunya adalah Nasi Boranan Lamongan, yaitu Nasi Jagung dengan Ayam Kare, Urap Urap, Telur Bali, dan Botok Tahu Teri.

“Salah satu menu spesial untuk malam ini ada Nasi Boranan Lamongan, karena seluruh bahan masakannya juga dari bahan herbal, seperti jahe dan kunyit. Seperti bahan minuman jamu yang disajikan Acaraki. Jadi betul-betul cocok sebagai hidangan Perjamuan Nusantara yang sehat, lezat, dan Indonesia banget,” kata Chef Lukman.

Acaraki adalah sebutan atau gelar pada masa Majapahit yang disematkan pada orang yang ahli meracik jamu. Acaraki menyajikan minuman tradisional Indonesia yaitu jamu dengan teknik menyajikannya seperti membuat Kopi, mulai dari roasting, grinder hingga teknik seduh seperti V60, Rockpresso, Cold Drip dan Aero Press.

Mulai dari ‘Jaman Batu’ yang dibuat dari ekstraksi tiga jenis jahe-jahe seperti jahe merah, jahe gajah, jahe emprit yang di padu padankan dengan madu dan lemon, serta biji selasih yang memperkaya tekstur dari jamu ini.

Beras Kencur juga menjadi salah satu ikon yang wajib di coba, dengan teknik V60 modern membuat beras kencur memiliki tekstur yang ringan dan tambahan kental manis serta krimmer membuat rasa yang unik saat mencobanya.

Selain itu Acaraki juga mengenalkan jamu dengan kemasan modern yang unik supaya bisa menjangkau lebih banyak kalangan termasuk anak muda. Salah satu menu yang menjadi menu favorit adalah Golden Sparkling yang terbuat dari kunyit asam yang di racik dengan mengunakan Flair Espresso Maker yang membuat aroma dari jamu semakin keluar, dan ditambah dengan Sparkling Water yang membuat rasa dari Golden Sparkling ini semakin segar dengan aroma rempah yang kuat. ana

Informasi ” Acararaki Jamu Kenalkan Budaya ‘Nge-Jamu’ Kekinian di Djaman Doeloe Resto & Bar
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/12/acararaki-jamu-kenalkan-budaya-nge-jamu-kekinian-di-djaman-doeloe-resto-bar/