Administrasi Kependudukan di Surabaya Kini Bisa Diurus Kecamatan dan Kelurahan

  • Bagikan
Administrasi Kependudukan di Surabaya Kini Bisa Diurus Kecamatan dan Kelurahan

Surabaya – Pengurusan untuk administrasi kependudukan, seperti perubahan nama dan akta kematian bisa dilakukan di tingkat kecamatan dan kelurahan. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan bahwasanya bila selama ini persidangan yang dilakukan di pengadilan negeri (PN) saat ini dapat dilakukan melalui aplikasi.

“Sebelumnya saya memang sampaikan ke Dispendukcapil untuk bertemu dengan ketua PN. Beliau akhirnya punya program hebat yang akhirnya disinergikan dengan Pemkot Surabaya,” ungkap Eri saat launching program layanan Dukcapil di gedung Siola Surabaya, Jumat (16/4/2021).

Eri mengungkapkan, saat ada warga yang hendak mengurus, mereka cukup mengunduh aplikasi bernama E-Capil Surabaya. Saat berkas dinilai sudah lengkap oleh pihak PN, akan ditindaklanjuti dalam waktu satu jam dan sudah bisa keluar hasilnya.

“Perlu saya sampaikan bahwa persidangan ini nantinya akan berakhir di Kecamatan dan Kelurahan, karena mereka adalah garda depan Pemkot Surabaya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Surabaya Dr Joni SH.MH menyatakan bahwa selama ini banyak sidang yang tertunda, lantaran warga Surabaya selama ini mengajukan secara manual. Setelah itu, hakim akan menetapkan hari sidang karena memang harus dipanggil.

“Karena kalau kurang informasi yang diterima dari pemohon, kadang pas sidang dia gak bawa saksi, ndak ada bukti yang pasti. Ini yang menyebabkan sidang sering terundur,” kata Joni.

Ia menjelaskan, dengan terobosan baru ini kepengurusan dalam satu hari bisa selesai. Mulai dari sidang pertama, saat dilakukan sampai penetapan akan diselesaikan dalam waktu satu hari. Terlebih lagi, Dispendukcapil menginginkan keluar hasil sidang pada hari yang sama.

Kendati demikian, dirinya juga mencontohkan seperti perbaikan akta kelahiran, perbaikan atau penggantian nama dengan aplikasi ini dapat dilakukan tanpa perlu repot-repot seperti sebelumnya. Hal ini, lantaran kasus yang kerap kali muncul adalah hak identitas hukum pada masyarakat, balik nama dan balik nama.

“Kadang di KK kan beda sama di surat nikah, atau KK dengan Ijazah atau sama paspor. Terus sama orang tua yang telah lama meninggal itu butuh izin dari pengadilan. Dispendukcapil kan gaakan mungkin mengeluarkan tanpa izin atau penetapan dari pengadilan,” pungkas Joni.

Informasi ” Administrasi Kependudukan di Surabaya Kini Bisa Diurus Kecamatan dan Kelurahan
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/04/16/administrasi-kependudukan-di-surabaya-kini-bisa-diurus-kecamatan-dan-kelurahan/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×