Awas, Cuaca Panas Menyengat Siang Hingga Sore! BMKG Beri Penjelasan Begini

  • Bagikan
Awas, Cuaca Panas Menyengat Siang Hingga Sore! BMKG Beri Penjelasan Begini
Awas, Cuaca Panas Menyengat Siang Hingga Sore! BMKG Beri Penjelasan Begini
ILUSTRASI : Cuaca panas menyengat warga Kota Surabaya beberapa hari belakangan.

infoSURABAYA.com – Beberapa waktu belakangan masyarakat di Tanah Air mengeluhkan suhu udara yang bikin gerah sehingga tidak nyaman untuk beraktivitas, khususnya di luar rumah.

Menurut Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi GMKG, yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan kondisi suhu panas harian. “Umumnya disebabkan oleh kondisi cuaca cerah pada siang hari dan relatif lebih signifikan pada saat posisi semu matahari berada di sekitar ekuatorial,” ungkapnya lewat siaran pers yang dibagikan Senin (17/5/2021).

Terlebih lagi, lanjut Guswanto, pada pertengahan Mei ini posisi semu matahari sudah berada di Belahan Bumi Utara (BBU) di sekitar 19 derajat LU.

Kondisi tersebut secara tidak langsung mengindikasikan bahwa di wilayah Indonesia selatan ekuator akan menjelang periode angin timuran yang identik dengan periode musim kemarau.

“Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki awal musim kemarau yang ditandai dengan tingkat perawanan akan cukup rendah pada siang hari,” urainya.

Karena itu, Guswanto mengimbau agar masyarakat tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas atau kondisi terik pada siang hari dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan diri, keluarga serta lingkungan.

Awas, Cuaca Panas Menyengat Siang Hingga Sore! BMKG Beri Penjelasan Begini

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum tanggal 16 Mei 2021 tercatat berkisar antara 33-35,2 derajat Celsius dengan suhu maksimun 35,2 derajat Celsius terjadi di Surabaya.

Kondisi suhu maksimum dengan kisaran tersebut masih berada kondisi normal, sebagai akibat perubahan suhu maksimum harian, yang menyebabkan cuaca panas di Indonesia.

BMKG memperkirakan kondisi seperti ini masih dapat terjadi dalam skala waktu harian bergantung pada kondisi cuaca atau tingkat perawanan di suatu wilayah.
Informasi lain yang diperoleh iniSurabaya.com, suhu udara di Surabaya pada pagi hari (Selasa, 18/5/2021) di angkat 27 derajat Celcius dengan kondisi cerah berawan.

Angin berkekuatan 10km/jam bergerak dai arah Timur, dan kelembaban 80 persen.

Suhu di Surabaya beranjak naik di titik 31 derajat Celcius pada pukul 10.00. Angin tetap bergerak ke arah Timur dengan kekuatan 20km/jam, dan kelembaban 65 persen.
Pukul 13.00 : 34 derajat Celcius, kelembaban 50 persen, angin arah Timur 20km/jam  
Pukul 16.00 : 30 derajat Celcius, kelembaban 65 persen, angin arah Timur 20km/jam
Pukul 19.00 : 28 derajat Celcius, kelembabab 75 persen, angin arah Tenggara 10km/jam
ana/wid

Informasi ” Awas, Cuaca Panas Menyengat Siang Hingga Sore! BMKG Beri Penjelasan Begini
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/05/awas-cuaca-panas-menyengat-siang-hingga-sore-bmkg-beri-penjelasan-begini/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×