BBM Jenis Premium dan Pertalite Bakal Dihapus, Simak Fakta Berikut

BBM Jenis Premium dan Pertalite Bakal Dihapus, Simak Fakta Berikut
BBM Jenis Premium dan Pertalite Bakal Dihapus, Simak Fakta Berikut
BBM jenis Premium dan Pertalite bakal dihapuskan dari SPBU di seluruh Indonesia.

infoSURABAYA.com – PT Pertamina (Persero) memastikan tak akan lagi menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite. Meski begitu belum ada informasi kapan kebijakan ini bakal diberlakukan.

Keputusan ini bakal membuat masyarakat tak ada pilihan lain kecuali Pertamax dan Pertamax Turbo. Hal tersebut tentu akan memberi dampak cukup besar bagi masyarakat di seluruh Indonesia yang masih mengandalkan transportasi pribadi, sepeda motor maupun mobil.

Informasi yang diperoleh iniSurabaya.com, kebijakan penghapusan Premium dan Pertalite karena dua jenis BBM itu memiliki angka oktan (research octane number/RON) yang rendah.

RON Premium ada di angka RON 88, sedang Pertalite ada di angka RON 90. Angka RON ini cocok digunakan pada berbagai jenis kendaraan seperti motor bebek, motor matik, dan beberapa jenis mobil yang banyak beredar di Indonesia.

Menurut Soerjaningsih, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, rencana penghapusan dua jenis BBM, Premium maupun Pertalite sebenarnya sudah berjalan.

Saat ini, lanjut Soerjaningsih, masyarakat Indonesia sedang memasuki masa transisi, yaitu dari pemakaian Premium RON 88 ke Pertalite yang memiliki RON 90.

“Sebelum akhirnya kita akan menggunakan BBM yang ramah lingkungan,” begitu paparnya.

Hanya Dipakai di 7 Negara
Banyak negara yang kini berusaha mengadopsi standar emisi euro 4. Dampaknya adalah negara tersebut hanya memakai BBM yang lebih ramah lingkungan.

Fakta ini pula yang membuat Premium dan Pertalite berada di ambang minimum, karena dua jenis BBM itu termasuk tidak ramah lingkungan.

Hingga Desember 2021 ini, hanya ada sedikit negara yang masih memasukkan BBM dengan angka RON 90 di dalam penjualannya. Bahkan BBM Premium RON 88 ini hanya digunakan oleh tujuh Negara saja.

Tujuh negara yang masih menjajakan BBM setara Premium itu yakni Indonesia, Kolombia, Mesir, Mongolia, Bangladesh, Ukraina, dan Uzbekistan. “Masa kita setara dengan Bangladesh, Kolombia, kan sebenarnya menyedihkan informasi ini,” kata Arifun Dhalia, Vice President Promotion & Marketing Communication PT Pertamina.

Tidak hanya itu, Indonesia juga menjadi negara dengan variasi BBM terbanyak yakni 6 jenis RON 88 (Premium), RON 89, RON 90 (Pertalite), RON 92 (Pertamax), RON 95 (Pertamax Turbo), dan RON 98 (Pertamax Racing).
Di wilayah ASEAN lain, Singapura misalnya, hanya menjual dua jenis BBM yakni RON 92 dan 98. Di Malaysia, minimal yang dijual yaitu BBM RON 95 dan BBM RON 97.

Kemudian di Thailand (BBM RON 91 & BBM RON 95), Filipina (BBM RON 91, BBM RON 95, BBM RON 97, dan BBM RON 100), Vietnam (BBM RON 92 dan BBM RON 95).
Berdasar ketentuan baru nanti, hanya ada dua jenis BBM yang dijual di Indonesia, yaitu Pertamax RON 92, dan Pertamax Plus RON 95. Kebijakan penghapusan Premium dan Pertalite otomatis tak akan ada lagi BBM murah di Indonesia.

Tetapi, perlu pula diketahui bahwa harga BBM di Indonesia merupakan salah satu yang paling murah di seluruh dunia. Hingga Desember 2021, BBM jenis Premium harganya hanya Rp 6.450/liter. Sementara harga Pertalite Rp 7.650-8.000/liter.

Di sisi lain, harga Pertamax Rp 9.000-9.200, dan Pertamax Turbo Rp 10.500. ana

Informasi ” BBM Jenis Premium dan Pertalite Bakal Dihapus, Simak Fakta Berikut
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/12/bbm-jenis-premium-dan-pertalite-bakal-dihapus-simak-fakta-berikut/