Belajar Sejarah dari Barang Antik? Yuk Simak Benda-Benda Kuno yang Dipajang di Ciputra World Ini

  • Bagikan
Ragam barang antik menarik perhatian pengunjung Ciputra World Surabaya, terutama mereka dari generasi milenial.

infoSURABAYA.com – Belajar sejarah tak hanya dilakukan lewat buku-buku, atau di bangku sekolah secara formal. Belajar sejarah secara menyenangkan adalah dengan langsung menyaksikan barang-barang antik yang antara lain ada di museum.

Dengan niatan mengenalkan sejarah Indonesia ke masyarakat, khususnya generasi muda itu pula Surabaya Vintage Community (SVC) menggelar pameran berjudul ‘Soerabaia Heritage: Festival Hobikoe’ di Void Atrium –Ground Floor Ciputra World Surabaya.

Pameran yang berlangsung hingga Minggu (4/4) mendatang itu diikuti 35 komunitas aneka hobi. Diantaranya adalah Komunitas Uang Kuno, Komunitas Penggemar Perangko (Filateli), Komunitas Antikan (sebelum tahun 1960an), Komunitas Jadulan (196-1990), Komunitas Buku Lama, Arsip, Dokumen, Foto Lawas, dan Komunitas Moped.

“Contohnya uang. Mungkin bagi beberapa orang terlihat biasa, tetapi justru banyak nilai sejarahnya,” kata Ali Budiono, Ketua SVC kepada iniSurabaya.com.

Menurut Ali, mata uang selalu mengalami perubahan desain di setiap jaman tertentu. “Kita sudah mengenal mata uang sejak jaman kerajaan, jaman penjajahan, revolusi, hingga kemerdekaan. Di situlah sejarah berlangsung,” paparnya.

Selain uang kuno, di pameran itu juga ada keramik Eropa, piringan hitam Jepang, dan juga setrika dengan pemanas arang yang ujungnya ada ikon ayam jago. Ada pula buku pelajaran, komik dan stiker lawas, serta patung khas Bali.

Menurut Ali, pameran ini yang pertama kali mereka gelar selama masa pandemi. “Saya sangat senang bisa kumpul dengan teman-teman. Ada yang dari Jakarta, Bali, Yogyakarta datang semua,” paparnya.

Ali mengaku sudah setahu tidak saling bertemu langsung. “Jadi pameran ini bisa menguatkan lagi kebersamaan dengan sesama komunitas,” tuturnya.

Sementara Stephana Fevriera, PR & Promotion Ciwo Surabaya mengatakan bahwa pameran tersebut merupakan apresiasi bagi mereka yang hobi dan pecinta barang antik.

“Kami sebelumnya pernah menggelar pameran serupa untuk hobi yang lain,” katanya. dit

Informasi ” Belajar Sejarah dari Barang Antik? Yuk Simak Benda-Benda Kuno yang Dipajang di Ciputra World Ini
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/03/belajar-sejarah-dari-barang-antik-yuk-simak-benda-benda-kuno-yang-dipajang-di-ciputra-world-ini/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×