Belum Ada Laporan Mutasi SARSCoV-2 di Surabaya

  • Bagikan
Belum Ada Laporan Mutasi SARSCoV-2 di Surabaya

Surabaya – Beberapa hari lalu Kementrian Kesehatan Republik Indonesia memberikan pengumuman soal ditemukannya dua kasus mutasi SARSCoV-2, yakni B117 di Karawang, Jawa Barat. Akan tetapi, varian baru dari virus Corona yang berasal dari Inggris ini dikonfirmasi belum sampai masuk ke Kota Surabaya. Kepala Dinkes Surabaya, Febria Rachmanita menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada laporan mengenai kasus virus baru tersebut.

“Belum. Sampai saat ini belum ada laporan,” ungkap Febria di Surabaya.

Febria mengungkapkan, penularan virus ini lebih cepat dibandingkan Covid-19. Menurut informasi yang didapat dari pusat, virus mutasi memang cenderung lebih cepat penyebarannya tetapi tidak lebih berbahaya dari virus sebelumnya. Untuk virus baru ini pun pencegahannya juga dapat dilakukan dengan vaksinasi secara masif.

“Sejauh ini vaksin bisa dipakai untuk semuanya. Termasuk juga varian virus baru B117,” ujarnya.

Ia juga menegaskan supaya masyarakat tidak lalai dan tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Hal ini, lantaran apabila telah menjalani vaksinasi, bukan berarti semerta-merta mengendorkan prokes. Disamping itu, langkah pencegahan lainnya yakni dengan menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Jangan karena sudah divaksin terus merasa aman dan mengabaikan protokol kesehatan. Nggak boleh itu,” kata Febria.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan pernyataan bahwa belum ada temuan kasus virus baru ini. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur sedang berupaya mencegah semaksimal mungkin, lantaran virus baru tersebut masih tersentral di Jakarta.

“Per Selasa kemarin, ada 16 kabupaten/kota di Jawa Timur sudah masuk zona kuning. Diantaranya Mojokerto, yang setara dengan 42 persen daerah di Jatim. Artinya resiko rendah, sisanya resiko sedang atau orange,” pungkas Khofifah.

Informasi ” Belum Ada Laporan Mutasi SARSCoV-2 di Surabaya
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/03/07/dinkes-belum-ada-laporan-mutasi-sarscov-2-di-surabaya/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×