BPC HIPMI Kota Surabaya Kolaborasi TDA Berdayakan UMKM, Ini Programnya

  • Bagikan
BPC HIPMI Kota Surabaya Kolaborasi TDA Berdayakan UMKM, Ini Programnya
BPC HIPMI Kota Surabaya Kolaborasi TDA Berdayakan UMKM, Ini Programnya

infoSURABAYA.com – Masih kurangnya perhatian kalangan pengusaha, khususnya di tingkat UMKM dan startup terkait kepemilikan badan usaha menjadi perhatian serius BPC HIPMI Kota Surabaya dan komunitas Tangan di Atas.

Kondisi itulah yang kemudian diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang bisa mengedukasi mengenai pentingnya badan usaha bagi semua jenis usaha, termasuk yang masih kecil seperti startup dan UMKM.

“Selama ini ada pandangan salah di masyarakat, yang penting buka usaha dulu. Nggak perlu punya izin,” tegas Muhammad Lutfi, Ketua BPC HIPMI Kota Surabaya, Senin (11/10/2021).

Yang terjadi kemudian, kata Lutfi, ketika sudah menjadi besar bingung karena masih belum punya izin usaha. “Saat ini pemerintah punya banyak program kerja. Jika pengusaha ini tidak punya badan usaha, pemerintah tidak bisa akses,” tuturnya.

Fakta inilah yang membuat BPC HIPMI Kota Surabaya berkolaborasi dengan komunitas Tangan di Atas (TDA) menggelar kegiatan untuk membantu pengusaha skala kecil ini mendapatkan izin usaha.

“Ada yang sudah sadar pentingnya punya izin, tetapi tidak tahu mulainya darimana. Maka kami hadir untuk membantu dan memfasilitasi mereka untuk memperoleh izin badan usaha,” tandasnya.

Keuntungan pengusaha yang sudah memiliki badan usaha, lanjut Lutfi, akan mudah ketika satu saat ada program-program untuk mendapatkan permodalan yang disediakan pemerintah.

Menurut Lutfi, pemerintah makin mempermudah dan meringankan masyarakat yang hendak mengurus izin badan usaha sehingga bisa dilakukan sendiri. “Proses perizinan sudah dirampingkan sehingga masyarakat bisa mengurus sendiri. Tetapi, jika masih ada yang belum paham, dan belum bisa melakukan sendiri, kami siap melakukan pendampingan,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Febri Nazuka, Ketua TDA Kota Surabaya. Pihaknya bersama BPC HIPMI Kota Surabaya berusaha merubah ‘mindset’ kalangan pengusaha di tingkat startup dan UMKM yang belum memahami pentingnya memiliki izin usaha dan badan hukum.

“Pengusaha yang sudah berbadan usaha akan mudah mendapatkan akses ke perbankan, karena sudah memiliki NPWP,” tegasnya.

Febri mengaku, keanggotaan TDA mengalami pertumbuhan 30-40 persen. Dari keseluruhan anggota TDA masih didominasi sektor fashion sebesar 30 persen, dan kuliner 20 persen.

“Sisanya bergerak di bidang lain-lain,” tutur Febri. Dan yang menggembirakan, di masa pandemi ini pendapatan pengusaha skala kecil ini bahkan meningkat 80-100 persen.

“Mereka menemukan peluang baru di masa pandemi ini. Mereka bisa memasuki celah-celah belum dimasuki pengusaha besar,” urainya. ap

Informasi ” BPC HIPMI Kota Surabaya Kolaborasi TDA Berdayakan UMKM, Ini Programnya
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/10/bpc-hipmi-kota-surabaya-kolaborasi-tda-berdayakan-umkm-ini-programnya/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×