Bulan Ramadan, Lampu Hijau untuk Tarawih-Tadarus di Masjid

  • Bagikan

Surabaya – Dewan Masjid Indonesia (DMI) menerbitkan Edaran Ke-VIII, Maklumat Penyelenggaraan Ibadah Ramadan 1442 Hijriah.

Edaran itu ditandatangani Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla, Rabu (24/3/2021). Isi edaran tersebut berupa instruksi dibentuknya Tim Relawan Siaga Ramadan serta aturan aktivitas di masjid-masjid.

Ketua DMI Jatim, KH Roziqi segera melaksanakan edaran tersebut. Menurutnya dalam kondisi pandemik COVID-19, masih sangat penting menerapkan protokol kesehatan di mana saja. Termasuk tempat ibadah dalam hal ini masjid dan musala.

“Kegiatan di masjid dan musala kita imbau supaya melaksanakan seperti biasanya saja. Yang penting prokesnya diperhatikan,” ujarnya saat ditelepon, Minggu (4/4/2021).

Jangan sampai, lanjut Kiai Roziqi, ada masjid dan musala tidak ada kegiatan selama Ramadan dan Idulfitri. Dia mempesilakan untuk menggelar Salat Tarawih dan Tadarus. “Yang penting prokes kita jaga,” ucapnya

Lebih lanjut, penguatan juga terus dilakukan oleh pemerintah berupa vaksinasi COVID-19 untuk para pengurus masjid yakni takmir dan marbot. Kegiatan itu sudah dimulai di Masjid Al-akbar Surabaya. Sebanyak 600 orang lebih dipastikan sudah mendapatkan vaksinasi.

“Sudah 600-an pada saat itu. Kemudian kabupaten/kota, teman-teman DMI sudah ada kegiatan dengan koordinasi satgas masing-masing,” ungkapnya.

Kiai Roziqi mengimbau para imam, takmir dan marbot tidak menolak vaksinasi COVID-19. Karena pemerintah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Pengurus Obat dan Makanan (BPOM) memastikan kalau vaksin yang didatangkan halal dan aman.

“Pengurus DMI ke daerah-daerah untuk koordinasi. InsyaAllah teman-teman DMI akan mengimbau takmir dan imam persiapan Ramadan ini,” pungkasnya.

Informasi ” Bulan Ramadan, Lampu Hijau untuk Tarawih-Tadarus di Masjid
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/04/06/bulan-ramadan-lampu-hijau-untuk-tarawih-tadarus-di-masjid/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×