Bulog Diminta Tingkatkan Serapan Beras Petani

  • Bagikan
Bulog Diminta Tingkatkan Serapan Beras Petani

Surabaya – Menyambut puncak pasar panen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaksanakan tinjauan ke gudang Bulog Divre Jawa Timur untuk meningkatkan penyerapan beras dari petani. Khofifah meminta, apabila beberapa hari ini serapan Bulog pada beras petani adalah 1.500 ton per hari, untuk ditingkatkan menjadi 2.000 ton beras per hari, sesuai dengan harga minimal sesuai HPP.

“Jadi pergerakan penyerapan beras oleh Bulog harus ditingkatkan. Jika biasanya Bulog menyerap beras masyarakat 1.500 ton per hari, maka hari ini saya minta bergerak menjadi 2.000 ton per hari,” ungkap Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah mengungkapkan, peningkatan serapan beras masyarakat oleh Bulog harus dilakukan seiring dengan masa puncak panen padi yang akan tiba di ahir Maret sampai pertengahan April mendatang. Daerah penghasil beras mulai panen harus segera diserap sebagai langkah kongkrit perlindungan pemerintah pada petani.

“Saya juga sudah sampaikan usul ke Pemerintah Pusat, kalau ada beras yang harus diserap jangan sampai harga gabah dan beras di bawah HPP. Dan saya juga usul agar ada kebijakan seperti tahun lalu, dimana bank himbara ikut menyerap beras saat sedang menuju puncak panen seperti hari-hari ini,” ujarnya.

Maka dari itu, lanjutnya, perlindungan pada petani terutama produsen beras benar-benar bisa diberikan dan upaya tersebut bisa berseiring dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya juga minta kedean untuk tambahan dukungan Kementerian BUMN dan Kementerian Pertanian untuk mengupayakan penyediaan drier atau mesin pengering bagi petani. Biar mereka lebih mudah mengeringkan gabah sehingga kandungan air yang cukup tinggi dapat terbantu,” pungkas Khofifah.

Informasi ” Bulog Diminta Tingkatkan Serapan Beras Petani
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/03/27/bulog-diminta-tingkatkan-serapan-beras-petani/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×