Cek Minyak Goreng di Ritel Modern Jakarta, Mendag Klaim Stok Melimpah

Cek Minyak Goreng di Ritel Modern Jakarta, Mendag Klaim Stok Melimpah

Muhammad Lutfi Menteri Perdagangan, Jumat (18/3/2022), memantau ketersediaan minyak goreng di TipTop Rawamangun, Jakarta Timur, dan Diamond Artha Gading, Jakarta Utara.

Dari hasil pantauan di dua ritel modern tersebut, Mendag mengatakan komoditas minyak goreng dan barang kebutuhan pokok untuk masyarakat tersedia dalam jumlah melimpah.

“Tadi sudah kami lihat bersama, minyak goreng kemasan sudah mulai normal bahkan melimpah. Informasi dari penjual, banyaknya permintaan toko (tingkat layanan) terhadap kebutuhan minyak goreng sudah bisa sampai 100 orang. Saya juga melihat ketersediannya cukup,” ujar Lutfi.

Mendag melanjutkan, harga minyak goreng kemasan memang mengalami kenaikan dibanding sebelumnya.

Tapi, dia yakin kalau merek minyak goreng kemasan semakin banyak, harganya akan menurun sesuai dengan kompetisi dan penyamarataan dari pasar.

“Kita akan bekerja bersama-sama. Mudah-mudahan bisa segera menghasilkan harga yang lebih baik. Perkiraan dalam seminggu ke depan merek-merek minyak goreng kemasan sudah mulai keluar di pasar sehingga harganya menurun,” imbuhnya.

Dalam kunjungan ke ritel modern daerah Jakarta Timur, Mendag yang didampingi sejumlah pejabat eselon I Kemendag mengecek harga gula dan harga daging.

“Harga daging terpantau masih stabil di kisaran Rp80 ribu sampai Rp120 ribu per kilogram. Sedangkan harga gula dijual Rp13.500 kilogram. Harganya masih bagus semua,” katanya.

Lebih lanjut, Mendag mengapresiasi Roy Mande Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) yang memastikan ritel modern ikut membantu penjualan serta distribusi barang pokok untuk kebutuhan masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri.

Lutfi menambahkan, Kemendag akan bersinergi dengan Kementerian Peraindustrian untuk memastikan ketersediaan minyak goreng curah di pasar tradisional seharga Rp14 ribu per liter sesuai ketentuan pemerintah.

Sekadar informasi, Mendag sudah menerbitkan Peraturan Nomor 11 Tahun 2022, sebagai pengganti Peraturan Nomor 6 Tahun 2022.

Di dalam peraturan terbaru yang mulai berlaku 16 Maret 2022, Mendag menetapkan harga eceran tertinggi minyak goreng curah Rp14 ribu per liternya.(rid/dfn/ipg)

Berita Terbaru Terkait “Cek Minyak Goreng di Ritel Modern Jakarta, Mendag Klaim Stok Melimpah” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021