Diduga Karena Konsleting, Api Lahap Belasan Kios Warga

  • Bagikan
Diduga Karena Konsleting, Api Lahap Belasan Kios Warga

Surabaya – Belasan kios milik warga, yang berada tepat di depan Ramayana Bungurasih, Waru, Sidoarjo, terbakar pada Selasa malam. Penyebab kebakaran tersebut, diprediksi berasal konsleting listrik dari salah satu toko. Berdasarkan pantauan reporter infosurabaya.id, belasan toko penjual barang-barang fashion tersebut saat ini hanya tampak puingnya saja. Selain itu, terlihat juga police line yang dipasang oleh Polsek Waru.

Waktu dikonfirmasi, Ketua Paguyuban Lembaga Wirausaha Bungurasih dan Medaeng (LWBM), Saifuding mengatakan, kebakaran tersebut mulai diketahui warga pukul 21.40 WIB. Mulanya, pedagang yang masih belum pulang mengetahui ada asap mengepul dari salah satu toko. Namun, ketika dihampiri ternyata api sudah membesar dan melalap beberapa kios.

“Karena api itu keluar dari tengah (pertokoan), begitu kita keluar ternyata di bawah ada api besar. Ini kan tokonya rata-rata kayu, mungkin lebih cepat membesar apinya,” ungkap Saifudin, saat ditemui di lokasi, Rabu (10/3/2021).

Saifudin melanjutkan, karena panik ia pun langsung meminta bantuan beberapa penjual yang masih belum pulang, untuk mengeluarkan barang dagangan, sedangkan dirinya menelpon pemadam kebakaran.

“Waktu itu saya panik kan, akhirnya telepon semua pemadam yang ada, dan yang datang pertama punya Sampoerna, mungkin karena dekat, terus pemadan Sidoarjo, terakhir Surabaya juga ada,” ujarnya.

Setelah petugas pemadam datang, lanjutnya, akhirnya api dapat dipadamkan satu jam kemudian. Lantaran sebagian kios menjual barang yang mudah terbakar, dagangan yang dapat diselamatkan hanya sedikit jumlahnya.

“Dapat dipadamkan baru satu jam. Ada 12 toko. Rata-rata dagangan habis terbakar, karena yang punya sebagian besar pulang, dan barangnya mudah terbakar, seperti pakaian dan tas,” kata Saifudin.

Selain karena banyak pemilik toko yang pulang, menurutnya, penyebab lamanya proses pemadaman itu, dikarenakan menumpuknya barang dagangan dan masyarakat yang melihat di sekitar lokasi.

“Di sekitar sini (akses menuju toko), dipenuhi barang pedagang yang bisa diselamatkan. Terus itu, banyak warga yang melihat, jadi mobil pemadam gak bisa masuk, untung mereka punya selang panjang,” paparnya.

Saifudin mengungkapkan, jika kebakaran tersebut diduga disebabkan oleh konsleting listrik. Namun, hingga kini dirinya masih menunggu upaya dari tim investigasi Polsek Waru untuk melakukan pengusutan.

“Selama yang kita tau, semalam itu kan cuman arus pendek aja, cuman kita masih menunggu hasil investigasi, kejadian sebenarnya gimana. Sore ini saya ke Polsek Waru,” pungkas Saifudin.

Informasi ” Diduga Karena Konsleting, Api Lahap Belasan Kios Warga
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/03/10/diduga-karena-konsleting-api-lahap-belasan-kios-warga/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×