Digital Entrepreneur Exportir: UMKM Jawa Timur Buka Peluang Tembus Pasar Dunia

  • Bagikan
Digital Entrepreneur Exportir: UMKM Jawa Timur Buka Peluang Tembus Pasar Dunia
Digital Entrepreneur Exportir: UMKM Jawa Timur Buka Peluang Tembus Pasar Dunia

iniSURABAYA.com | JEMBER – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terbukti nyata jadi primadona perekonomian Tanah Air. Produknya yang beragam sudah merambah ke segala lapisan masyarakat negeri ini.

Tetapi, dalam perkembangannya pasar UMKM tak cuma tataran nasional. Masyarakat mancanegara pun sudah jadi konsumen aktif aneka produk UMKM.

Sayangnya pelaku UMKM ini masih belum sepenuhnya bisa melakukan ekspor sendiri barang-barang buatannya. Mereka harus melalui perusahaan tertentu yang sudah punya badan usaha dan jaringan internasional untuk menembus pasas dunia.

Fenomena inilah yang coba diurai Indonesian Council for Small Business dalam agenda Webinar bertajuk Digital Entrepreneur Exportir, Minggu (11/4/2021).

Agenda bertema ‘ICSB Berdaya – Jatim Bangkit Kuat’ ini bakal menghadirkan Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur sebagai pembicara bersama Hermawan Kartajaya, Founder ICSB.

Selain itu, seminal nasional ini juga menghadirkan Hendy Siswanto, Bupati Jember, dan Meithiana Indrasari, Regional Director of ICSB East Java.

Seminar nasional yang dimulai pukul 09.00 WIB itu menjadi kegiatan pembuka acara utama yaitu pelantikan ICSB se-Jawa Timur yang dilakukan langsung oleh Khofifah Indar Parawansa.

Digital Entrepreneur Exportir: UMKM Jawa Timur Buka Peluang Tembus Pasar Dunia

Ari Prabowo, Ketua Pelaksana Pelantikan ICSB se-Jatim ini menyatakan, melalui seminar virtual yang diikuti UMKM dari seluruh Indonesia ini nantinya akan dipapar strategi apa saja yang bisa dilakukan sehingga pelaku UMKM ini bisa melakukan ekspor produknya secara mandiri.

Pemanfaatan teknologi digital menjadi kunci utama yang nanti akan dimanfaatkan pelaku UMKM ini membuka pasar dunia. “Maka pelaku UMKM harus melek IT dulu. Di era serba digital ini tak ada yang tidak bisa dilakukan. Tinggal masalahnya bagaimana memanfaatkan peluang itu,” tegasnya.

Ari Prabowo yang juga Executive Vice Regional Director ICSB East Java ini menyatakan pula bahwa di forum seminar nasional itu kan dibeber negara mana yang bisa jadi pasar produk-produk UMKM sehingga strateginya bisa tepat sasaran.

Setelah seminar virtual yang dilanjutkan pelantikan pengurus ICSB se-Jatim, kegiatan yang dipusatkan di Kabupaten Jember ini juga diisi Talkshow Eksportir. Acara yang berlangsung di Hotel Aston Jember ini juga dimeriahkan pameran produk UMKM se-Jatim. ana

Informasi ” Digital Entrepreneur Exportir: UMKM Jawa Timur Buka Peluang Tembus Pasar Dunia
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/04/digital-entrepreneur-exportir-umkm-jawa-timur-buka-peluang-tembus-pasar-dunia/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×