DPR Minta Negara Kompak Terkait Masyarakat Terdampak Bencana Semeru yang Sudah Rela Direlokasi

  • Bagikan
DPR Minta Negara Kompak Terkait Masyarakat Terdampak Bencana Semeru yang Sudah Rela Direlokasi

Yandri Susanto Ketua Komisi VIII DPR RI menyambut positif terkait relokasi masyarakat yang terkena dampak bencana Awan Panas Guguran (APG) gunung Semeru.

Yandri berharap pemerintah kompak sebagai wujud hadirnya negara dalam menangani masyarakat yang terkena dampak bencana Semeru.

“Terkait relokasi bagi masyarakat yang terdampak APG gunung Semeru, Komisi VIII DPR menyambut positif dan berharap pemerintah serta para pemangku kepentingan lainnya harus kompak sebagai wujud hadirnya negara,” ujar Yandri dalam rapat kerja dengan BNPB di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/12/2021).

Dia mengatakan Komisi VIII DPR sudah melakukan kunjungan ke Lumajang, Jawa Timur tempat pengungsi gunung Semeru. Yandri mendengar keluh kesah para pengungsi yang di antaranya mereka minta direlokasi dan tidak mau kembali ke tempat tinggalnya yang terkena APG gunung Semeru.

“Kami masuk ke beberapa lokasi pengungsian. Ketika kami tanya langsung dengan para anggota (Komisi VIII), “bagaimana bapak ibu apakah mau kembali lagi ke lokasi awal? tidak Pak Mohon pemerintah itu merelokasi kami pindah Pak kami sudah enggak sanggup untuk tinggal di tempat yang semula”, oleh karena itu saya kira wujud kehadiran negara harus melakukan ini dengan ikhlas hati sehingga keinginan para pengungsi korban APG gunung Semeru itu benar-benar bisa terwujud,” tegas Yandri.

Menurut Yandri, dari pemerintah kabupaten Lumajang sendiri mengaku sudah siap untuk merelokasi masyarakat terdampak. Untuk lokasinya sendiri, kata Yandri, adalah di lahan perhutani.

“Pak Thoriq bupati Lumajang sendiri mengatakan dari sisi kesiapan pemerintah daerah sudah siap pak tinggal nanti kalau lahannya itu lahannya perhutani. Jadi tinggal nanti kita kalau perlu rapat gabungan Komisi VIII kita akan buat rapat gabungan sehingga kehadiran negara benar-benar tepat waktu dan tepat sasaran,” pungkas Yandri.(faz/tin)

Berita Terbaru Terkait “DPR Minta Negara Kompak Terkait Masyarakat Terdampak Bencana Semeru yang Sudah Rela Direlokasi” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×