Ekspansi ke Surabaya, Idea Didik Siswa Perhotelan di Hotel Bintang 4 Ini

Ekspansi ke Surabaya, Idea Didik Siswa Perhotelan di Hotel Bintang 4 Ini
Ekspansi ke Surabaya, Idea Didik Siswa Perhotelan di Hotel Bintang 4 Ini
Ekspansi ke Surabaya, Idea Didik Siswa Perhotelan di Hotel Bintang 4 Ini 1

infoSURABAYA.com – Ada kabar gembira bagi mereka yang ingin bekerja di dunia perhotelan. Idea –perusahaan penyedia jasa pendidikan vokasi di bidang perhotelan, kuliner, pastry-bakery, pariwisata, dan ekonomi kreatif ekspansi usahanya di Surabaya.

Kerjasama dalam bentuk teaching factory dengan manajemen Hotel Garden Palace ini merupakan yang pertama setelah sukses menghadirkan bisnis serupa di Lampung.

Menurut Eko Desriyanto, President Director PT Idea Indonesia Akademi Tbk, bagi mereka yang mengambil pendidikan Idea akan mendapat keuntungan yang tidak didapat di lembaga pendidikan serupa.

Selama masa pendidikan yang berlangsung enam bulan, lanjut Eko, siswa sepenuhnya tinggal di hotel dan menjalankan seluruh tugas perhotelan. “Selama belajar sudah berlaku kebiasaan dan aturan seperti karyawan,” tegasnya kepada iniSurabaya.com.

Ditemui usai penandatanganan kerjasama dengan Hotel Garden Palace, Eko menekankan, mentor bagi siswa itu adalah para praktisi industri. “They learn from the expert. Ini yang tidak banyak dipraktikkan di kampus lain,” tandasnya.

Selain memberikan teori di kelas, kata Eko, mentor juga memberikan petunjuk langsung di lapangan. “Jadi mentor akan malu jika nanti selama enam bulan anak didiknya tidak bisa apa-apa. Sharing pengalaman langsung seperti ini lebih manfaat daripada sharing motivasi di buku-buku motivasi,” urainya.

Di tempat yang sama, Mudiyanto, Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMK Dinas Pendidikan Jawa Timur menyatakan pihaknya menyambut baik dan mendukung ekspansi Idea Indonesia Akademi di wilayah kerjanya.

“Sistem pelatihan berbasis teaching factory yang diusung Idea Indonesia Akademi sangat sesuai dengan semangat peningkatan lulusan pendidikan vokasi agar siap kerja dan turut mengurangi pengangguran terbuka di Jatim,” imbuhnya.

Mudiyanto kemudian memapar data, di Jatim ada 2.137 SMK. “Jumlahnya terbanyak kedua di Indonesia setelah Jabar yang punya 2.600 SMK,” bebernya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 297 diantaranya adalah SMK Negeri, dan sisanya SMK swasta. “SMK itu memiliki 111 kompetensi keahlian/jurusan, dan 96 SMK di Jatim ini mengambil kompetensi keahlian perhotelan dengan jumlah siswa 15.000 orang,” ucapnya.

Antusiasme yang sama dilontarkan Djie Peterjanto Suharjono, perwakilan Garden Palace Hotel. Hadirnya Idea dengan sistem pendidikan teaching factory ini diyakini sebagai langkah positif dalam rangka menyambut rebound pariwisata dan perhotelan di Surabaya paska pandemi.

Peter berharap kerjasama tersebut saling menguntungkan kedua pihak. “Bagi Idea, peserta pelatihan dapat belajar secara nyata dengan fasilitas riil industri. Di sisi yang lain, Garden Palace Hotel dapat dibantu meningkatkan kualitas operasional dan pelayanan dengan excellent service yang selama ini identik dengan siswa dan lulusan Idea” ujarnya. ana

Informasi ” Ekspansi ke Surabaya, Idea Didik Siswa Perhotelan di Hotel Bintang 4 Ini
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/12/ekspansi-ke-surabaya-idea-didik-siswa-perhotelan-di-hotel-bintang-4-ini/