Festival Yosakoi Surabaya Meriahkan Indonesia Japan Online Festival 2020

  • Whatsapp

Keseruan penampilan Festival Yosakoi Surabaya 2020, dijadwalkan dihadirkan secara virtual melalui kanal Youtube, Sabtu (10/10/2020) sebagai bagian memeriahkan Indonesia japan Online Festival 2020.

Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya akan ikut serta dalam pelaksanaan Indonesia Japan Online Festival 2020 dengan menampilkan secara khusus Festival Yosakoi Surabaya 2020 melalui Kanal Youtube: Indonesia Japan Online Festival 2020 https://www.youtube.com/watch?v=ZIqC-HysA3Y.

Read More

Tarian Yosakoi, mengutip laman Japanese Culture adalah gaya yang unik dari tarian yang berasal dari Jepang. Yosakoi dimulai di kota Kochi pada tahun 1954, sebagai rendition modern Awa Odori, tarian musim panas tradisional. Yosakoi sebagai gaya menari telah banyak tersebar di seluruh Jepang.

Gaya tari yang dikenal sangat energik, menggabungkan gerakan tarian tradisional Jepang dengan musik modern. Pada penampilannya, Yosakoi sering ditarikan dalam jumlah tim menari yang besar. Ini berhubungan dengan semakin banyakknya sekolah di Jepang yang mempelajari Yosakoi.

Lalu bermunculanlah Yosakoi profesional yang berasal dari tim-tim sekolah. Yosakoi juga populer pada acara-acara festival olah raga yang ditujukan dan digelar oleh sekolah setingkat SD, SMP dan SMA. Menariknya Yosakoi bisa ditarikan oleh siapapun termasuk oleh pria dan wanita dari hampir semua usia.

Kostum yang digunakan oleh tim Yosakoi juga bervariasi. Happi mantel dan Yukata adalah kostum yang paling dominan dan dapat dilihat dalam berbagai macam warna-warni. Namun beberapa kelompok Yosakoi di Jepang memilih kostum berdasarkan sejarah pakaian, mode populer atau mode etnis.

Naruko, kentungan kayu kecil yang biasanya dipegang para penari Yosakoi ditangan masing-masing adalah penanda paling penting dan khas dari penampilan Yosakoi dimanapun dipergelarkan. Termasuk saat tampil di luar Jepang sendiri, Naruko adalah elemen terpenting Yosakoi.

Dalam perkembangannya saat ini, penari Yosakoi tidak saja melengkapi penampilannya dengan Naruko tetapi juga menambahkan elemen lainnya. Seperti misalnya, drum, perkusi, bendera hingga tongkat kecil.

Festival Yosakoi Surabaya 2020 dijadwalkan akan menampilkan video kompilasi tarian Yosakoi, video pengenalan hubungan kota kembar antara kota Surabaya dan kota Kochi, dan sambutan dari Walikota Kochi. Selain itu juga ada Live Interview dengan Ms. Ayu yang sedang bekerja di Pemda Kota Kochi sebagai Coordinator for International Relations (CIR).

Video kompilasi tarian Yosakoi; Seicho Yosakoi Naruko Odori dan Kono chi e yang dibuat khusus untuk acara Festival Yosakoi Surabaya 2020 ini diikuti oleh 119 penari, terdiri dari penggiat tari Yosakoi di Surabaya, peserta dari Sekolah Jepang Surabaya (SJS), dan juga anggota Japan Exchange and Teaching Programe Alumni Association (JETAA) Indonesia, dan staf Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya.

Indonesia Japan Online Festival 2020 juga dimeriahkan sejumlah artis-artis dari Jepang dan Indonesia, seperti: LiSa, Silent Siren, JKT48, Armand Maulana, Jerome Polin. Selain acara entertain, dihadirkan juga informasi Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Kerjasama antara Jepang dan Indonesia.

“Seluruh rangkaian kegiatan acara Indonesia Japan Online Festival 2020, secara keseluruhan dapat disaksikan melalui link: https://www.youtube.com/watch?v=vDndV_yd9vU .Bagaimana keseruhannya silahkan klik dan saksikan pada Sabtu (10/10/2020) pukul 13.40,” tulis Muchamad Zinuri Assistant Consul (Information, Education and Culture Section) Consulate-General of Japan di Surabaya, Jumat (9/10/2020).(tok/lim)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/festival-yosakoi-surabaya-meriahkan-indonesia-japan-online-festival-2020/

Related posts