Gawat! Harga Cabai di Surabaya Melonjak 50 Persen

  • Bagikan

Surabaya – Harga cabai rawit di Kota Surabaya mengalami lonjakan pada bulan Februari 2021 ini. Kenaikan yang terjadi yakni harga per kilo cabai saat ini mencapai Rp 80 ribu. Lonjakan harga cabai ini ditengarai oleh gagal panen dan kekeliruan perkiraan waktu tanam oleh para petani. Untuk mengatasi problem lonjakan harga cabai ini, Pemkot Surabaya telah menambah jumlah produk yang dijual dalam kegiatan operasi pasar.

“Penambahan kami lakukan sebesar 100 persen dari jumlah biasanya. Seperti contoh penambahan jumlah produk gula, yang biasanya dijual hanya 120 kg, pada operasi pasar bulan ini jumlahnya naik 240 kg,” ungkap Kepala Bidang Distribusi Dinas Perdagangan Surabaya, Trio Wahyu Bowo.

Trio mengungkapkan, komoditas lainnya yang diminati masyarakat juga ditambah, terutama cabai, minyak curah, dan beras. Ia juga mengatakan, dari kegiatan tersebut kenaikan harga paling signifikan adalah cabai yang khususnya terjadi di pasar tradisional.

“Harga cabai rawit yang biasanya Rp 50 ribu/kg kini naik menjadi Rp 80 ribu–Rp 85 ribu/kg. Gagal panen dan salah jadwal penanaman oleh petani menjadi faktor penyebab utama. Nah, untuk menstabilkan harga dan meringankan beban masyarakat, solusinya adalah mengoptimalkan operasi pasar di setiap kecamatan,” ujarnya.

Menurutnya, selama harga komoditas belum kembali normal, sidak pasar rutin digelar. Untuk rencana kedepan, sidak pasar akan dilangsungkan pada bulan Maret bersama Satgas Pangan Polrestabes Surabaya. Berdasarkan pengalaman-pengalaman pada tahun sebelumnya, lanjutnya, harga cabai segera turun. Diprediksi pada Maret atau April, harga cabai kembali normal.

’’Kami pantau terus pergerakan harga cabai dan komoditas lainnya. Jangan sampai terus naik,’’ jelas Trio.

Sementara itu, pedagang di pasar Pabean Surabaya membenarkan bahwa kenaikan harga cabai tersebut pada umumnya mencapai Rp 80 ribu per kilo. Namun, untuk cabai hijau berada di kisaran Rp 15 ribu. Harga ini mengalami kenaikan sekitar 50 persen. Sebelum harga cabai rawit naik, cabai hijau hanya berada di kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram.

“Kalau harga cabai rawit naik, maka cabai lainnya juga ikutan naik. Jadi memang berpengaruh,” kata Agus, salah satu pedagang di pasar Pabean.

Informasi ” Gawat! Harga Cabai di Surabaya Melonjak 50 Persen
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/02/22/gawat-harga-cabai-di-surabaya-melonjak-50-persen/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×