GNPK Siapkan Posko Pengawasan Bantuan Korban Erupsi Semeru, Adi Warman: Jangan Selewengkan Bantuan Masyarakat!

GNPK Siapkan Posko Pengawasan Bantuan Korban Erupsi Semeru, Adi Warman: Jangan Selewengkan Bantuan Masyarakat!
GNPK Siapkan Posko Pengawasan Bantuan Korban Erupsi Semeru, Adi Warman: Jangan Selewengkan Bantuan Masyarakat!
DPP GNPK melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Jawa Timur dalam rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Internasional.

infoSURABAYA.com – Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) bertekad terus mengawal terwujudnya aparat yang bersih dalam menjalankan amanahnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Karena itu, dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional, GNPK akan mendirikan posko pengawasan bantuan bagi korban terdampak erupsi Semeru. GNPK khawatir ada oknum yang memanfaatkan situasi bencana nasional ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

“Jangan sampai bantuan bagi masyarakat yang sedang berduka akibat musibah ini disalahgunakan oknum demi keuntungan pribadi,” tandas Adi Warman, Ketua Umum GNPK kepada iniSurabaya.com, Kamis (9/12/2021).

Ditemui di Surabaya Suites Hotel usai roadshow ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Adi Warman menyatakan, keberadaan posko tersebut untuk turut memantau alur distribusi bantuan.

“Jangan sampai ada bantuan yang diselewengkan,” tegasnya.

Dia mengingatkan pula bahwa penyelewengan bantuan kemanusiaan, termasuk korban erupsi Semeru ini dapat berakibat pada ancaman hukuman mati bagi pelakunya.

Sebab banyak rakyat lagi kesusahan dan pemerintah sedang bergotong royong untuk menanganinya, sehingga jangan sampai ada oknum memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

“Saya yakin dan percaya, kita semua sama-sama memperhatikan menjaga nilai-nilai luhur bangsa kita,” cetusnya.

GNPK juga mengapresiasi perhatian pemerintah daerah dalam menangani musibah bencana alam ini. Namun dia mengingatkan kepada semua pihak untuk turut memberantas korupsi yang dimulai dari diri sendiri.

“Saya berharap yuk kita bersama-sama memberantas korupsi dimulai dari diri sendiri,” imbuhnya.

Dalam rangka Hari Anti Korupsi Internasional ini, GNPK Pusat serta DPP GNPK Jatim melakukan kunjungan ke beberapa instansi termasuk Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk melihat berbagai program layanan masyarakat dan mengevaluasinya agar tidak ada penyelewengan oleh oknum.

“Kami sowan ke BPN, kami mengunjungi beberapa tempat bagaimana antusias mereka untuk membersihkan dirinya dari perilaku buruk korupsi,” ungkap Adi didampingi pengurus DPD GNPK Jatim.

Adi tak menepis, kunjungan itu dimanfaatkan untuk saling mengingatkan bahwa warga negeri ini bukanlah bangsa barbar. “Kita adalah orang beradab dan kita bisa mencegah korupsi dimulai dari diri sendiri,” urainya.

Di momen penting Hari Anti Korupsi Internasional in, GNPK juga memberi catatan khusus agar pemerintah menerapkan hukuman mati bagi koruptor yang mengambil keuntungan pribadi maupun kelompok dengan memanfaatkan kesempatan dari bencana alam, agar dapat memberikan efek jera bagi pelaku korupsi.

Adi menengarai, meski sudah menjalani hukuman di balik jeruji besi para koruptor tidak juga insyaf. “Mereka malah bisa membanggakan diri,” ucapnya.

Kesan itu diperoleh ketika Adi sempat berkunjung ke salah satu lapas yang antara lain dihuni mantan anggota dewan yang menjalani masa hukuman selama empat tahun akibat tindak pidana korupsi.

“Dia sempat bilang masih bakal mencalonkan diri lagi (sebagai anggota dewan) saat Pemilu 2024,” bebernya.

Keinginan mantan anggota DPR RI itu diyakini bukan lantaran ingin mengabdi demi kepentingan rakyat. “Karena kursi DPR ini kan dianggap tempat yang nyaman untuk dirinya, tempat yang bisa korupsi, yang wibawa,” kata Adi.

Karena meyakini pemberian hukuman kurungan tidak member efek jera kepada pelaku tindak pidana korupsi itulah Adi Warman bertekad mendorong dilaksanakannya hukuman mati.

“Saya berharap ini sudah saatnya lah kita kasih efek jera,” pungkasnya. ana/adv

Informasi ” GNPK Siapkan Posko Pengawasan Bantuan Korban Erupsi Semeru, Adi Warman: Jangan Selewengkan Bantuan Masyarakat!
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/12/gnpk-siapkan-posko-pengawasan-bantuan-korban-erupsi-semeru-adi-warman-jangan-selewengkan-bantuan-masyarakat/