HUT ke-75 TNI, Presiden Berikan Tanda Kehormatan Bintang Militer untuk Tiga Prajurit TNI

  • Whatsapp

Joko Widodo Presiden memberikan tanda kehormatan bintang militer untuk tiga orang Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), bertepatan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI.

Pemberian tanda kehormatan tersebut sesuai Keputusan Presiden Nomor 9.22.27/TK/2020 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.

Read More

Tiga orang Prajurit TNI berprestasi yang mendapat bintang militer masing-masing adalah Kolonel Infantri Sri Widodo (Bintang Kartika Eka Paksi Nararya), Kapten Marinir Suryo Hadil Umam (Bintang Jalasena Nararya), dan Pembantu Letnan Satu Sobirin (Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya).

“Presiden RI menimbang sebagai penghargaan kepada AD, AL, dan AU yang di bidang tugas kemiliteran yang menunjukkan kemampuan kebijaksanaan dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara tanpa merugikan tugas pokoknya,” kata Mayjen TNI Suharyanto Sekretaris Militer Presiden, membacakan Keputusan Presiden di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Prosesi pemberian penghargaan tersebut dilakukan langsung di Istana Negara dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan disiarkan melalui video konferensi.

Sesudah memberikan penghargaan, Jokowi Presiden menyempatkan diri berbincang santai dengan prajurit penerima penghargaan.

Pada kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi serta para Prajurit TNI yang sedang menjalankan tugasnya.

Apresiasi juga diungkapkan RI1 untuk para purnawirawan yang sudah mewariskan institusi, serta seluruh Prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri, di tengah kondisi dunia yang selalu berubah.

“Terus tingkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiapsiagaan untuk menerima tugas-tugas selanjutnya. Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jagalah terus kemanunggalan TNI dengan rakyat. Jadikanlah sinergi sebagai kekuatan membangun negeri, membawa Indonesia menjadi negara maju,” tegas Presiden.

Seperti diketahui, hari ini TNI memperingati hari jadi yang ke-75 tahun. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan ulang tahun TNI kali ini tidak ada parade alutsista dan atraksi kemampuan para Prajurit TNI.

Upacara HUT TNI dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat karena ada wabah Covid-19.

Di tingkat pusat, upacara dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, dengan peserta terbatas dan disiarkan secara virtual.

Joko Widodo Presiden bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sejumlah pejabat negara yang menjadi peserta upacara di Istana Negara antara lain Wakil Presiden, Menko Polhukam, Menteri Pertahanan, Panglima TNI dan Kapolri.

Kemudian, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara juga mengikuti upacara di Istana Negara.

Kolonel Eri Harahap bertindak sebagai Komandan Upacara di Istana Kepresidenan, Jakarta.(rid/tin)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/hut-ke-75-tni-presiden-berikan-tanda-kehormatan-bintang-militer-untuk-tiga-prajurit-tni/

Related posts