IDI: Kekebalan Kelompok Lindungi Masyarakat yang Tidak Divaksin

  • Bagikan
IDI: Kekebalan Kelompok Lindungi Masyarakat yang Tidak Divaksin

Daeng Mohammad Faqih Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengatakan kekebalan kelompok akan membantu melindungi masyarakat yang tidak bisa atau memperoleh vaksin Covid-19.

“Jika 70 persen penduduk Indonesia divaksin, maka orang-orang yang tidak bisa divaksin karena alasan penyakit tertentu ia sudah ikut terlindungi,” kata dia saat diskusi virtual, Rabu (27/1/2021).

Pemerintah Indonesia akan menyasar sekitar 181,5 juta dari 267,7 juta penduduk untuk diberikan vaksin Covid-19. Selain itu, vaksin juga hanya akan diberikan kepada masyarakat rentang usia 18 hingga 59 tahun.

Angka tersebut mendekati 70 persen jumlah total penduduk Indonesia saat ini.

Oleh karena itu, katanya, masyarakat diminta tidak khawatir khususnya yang memang tidak bisa divaksin.

Selain itu, agar terlindungi dan aman dari paparan virus, Daeng mengatakan, masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

Dengan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan secara kolektif maka perlindungan dari bahaya virus akan jadi lebih maksimal.

“Jadi kalau kekebalan kelompok tercapai, masyarakat juga disiplin protokol kesehatan maka perlindungan jauh lebih baik,” ujar Daeng yang dilansir Antara.

Terkait dengan penyintas Covid-19, PB IDI mengatakan saat ini kelompok tersebut memang belum menjadi prioritas utama mendapatkan vaksin.

Sebab, katanya, para penyintas telah memiliki antibodi dalam tubuhnya pascasembuh dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Namun demikian, Daeng tidak menampik cukup banyak ditemukan kasus penyintas Covid-19 yang kembali terpapar virus tersebut. Hal itu bisa terjadi karena antibodi dalam tubuhnya tidak terlalu banyak.

“Penyintas Covid-19 bisa kena lagi, kasusnya juga banyak,” ujarnya.(ant/dfn/ipg)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/idi-kekebalan-kelompok-lindungi-masyarakat-yang-tidak-divaksin/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×