Tarikan Pungutan PTSL 600 Ribu Kepala Desa Kemiri Mojokerto Bisa Terancam Pidana

  • Bagikan
Tarikan Pungutan PTSL 600 Ribu Kepala Desa Kemiri Mojokerto Bisa Terancam Pidana

Berita Daerah – Pemberitaan Bejudul Program PTSL Sertifikat Desa Kemiri Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Biaya pungutan 600 Ribu, yang diduga Ada Dorongan Dari Kejaksaan Negeri memanas di media sosial. Rabu 14 April 2021 WIB, mendapat sorotan oleh Lembaga Pembrantas Korupsi (LPK) Jawa Timur.

Sekjen (LPK) Fauzi beralamat kantor jl. Untung Sudiro no 21 RT03/04, kelurahan cemorokandang kota malang saat di konfirmasi oleh awak media melalui whatsapp. terkait Program Pemerintah Sertifikat Masal, Apa kah boleh pihak pemerintah Desa menambah biaya 150 ribu menjadi 600 ribu.

Fauzi selaku Sekjen di LSM LPK ,sangat menyesalkan apa yang telah dilakukan oleh Kades Kemiri tersebut.peraturan pemerintah biaya (PTSL) hanya 150 ribu disaat berkordinasi dengan Humas kementrian agraria.

Disaat LPK Berkordinasi dengan Humas Agraria di Jl. Agus Salim No.58 Kecamatan Menteng, Jakarta, Humas Agraria mengatakan ,itu sudah bisa dikatakan pungli kalau lebih dari 150 ribu.”Paparnya Sekjen LSM LPK

LSM LPK Soroti Dan Akan Melaporkan

Tambahnya,Saya Fauzi selaku Sekjen Jawa Timur Lembaga Pembrantas Korupsi (LKP) geram dengan adanya pungli tersebut.

“Kalau benar adanya indikasi dugaan konspirasi besar di wilayah kabupaten Mojokerto antara Tiga Pilar bersama sama dengan Pejabat Desa,Camat,Bupati terbukti bisa diancam pidana.

Setidaknya dua pasal Kitab Undang Undang Hukum Pidana dapat dikenakan pada pelaku praktik pungutan liar atau pungli, yaitu Pasal 368 dan Pasal 423.

Pasal 368 ancaman hukumannya penjara maksimal sembilan tahun, sedangkan Pasal 423 ancaman hukumannya pidana penjara selama-lamanya enam tahun.”Tegasnya

Kami sebagai Lembaga Pengawas Korupsi di Jawa Timur akan menindak lanjuti terkait Pungutan 600 ribu di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Tiga Desa yang mendapatkan Program PTSL dan kami akan bekerjaama dengan Saber Pungli Pusat.”Pungkasnya °(ind)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×