Jasa Kontraktor Surabaya Bangun dan Renovasi Rumah

  • Whatsapp

Rekomendasi Jasa Kontraktor untuk Bangun rumah baru dan lama maupun Renovasi / Rehab Rumah Ruko dan Gedung di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

Mengerjakan proyek pembangunan memang tak bisa sembarangan. Semuanya harus dipikirkan dan direncanakan dengan matang, agar waktu dan bujet yang dikeluarkan tak sia-sia. Untuk mendukung proyek Anda, Perlu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa kontraktor bangun dan Renovasi Rumah.

Jasa Kontraktor Bangun dan Renovasi Rumah di Surabaya

Berikut adalah Rekomendasi Kontraktor Bangun baru yang sudah berpengalaman di kota surabaya, maupun untuk merehap dan merenovasi rumah dan gedung anda :

NamaAlamatKontak
CV. Damarta GrahaPerum Taman Gunung Anyar Blok E/58082228541499
PT. Silverindo Global KaryaJl. Prapen Indah Timur V Blok AI No.1008113633329
Zamzam RenovasiJl. Sukolilo Mulia III/3708113540707
Surya Pratama MandiriJl. Tanjung Karang II No. 1081330066958
Interior KreatifJl. Raya Randegansari, Mulung, Driyorejo08993699990

 

Walaupun ada bujet tambahan yang perlu dikeluarkan untuk membayar jasa kontraktor, penyedia jasa berlisensi akan memberikan garansi bahwa proyek dapat dikerjakan sesuai keinginan Anda dengan waktu yang telah disepakati pula.

Berikut ini definisi kontraktor, cakupan jasa kontraktor, jenis-jenis kontraktor, dan perusahaan kontraktor terbaik di Indonesia untuk mempermudah Anda menemukan jasa kontraktor yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Kontraktor adalah Penyedia Jasa Konstruksi

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai dengan keahliannya.

Pekerjaan kontraktor dibatasi oleh waktu penyelesaian, biaya, dan hal-hal yang harus diselesaikan sesuai kontrak. Dilansir dari Chron, kontraktor bangunan tempat tinggal biasanya mengawasi pembangunan rumah-rumah dan proyek perumahan.

Secara umum kontraktor mendapatkan proyek pekerjaan dengan dua cara, yaitu ditunjuk langsung oleh pemilik proyek untuk mengerjakan pembangunan atau melalui lelang yang diselenggarakan oleh pemilik proyek.

Pemenang lelang merupakan kontraktor yang mengajukan harga terbaik dan produk berkualitas serta memenuhi kriteria yang ditetapkan pemilik proyek.

Jasa Kontraktor Surabaya Bangun dan Renovasi Rumah di Surabaya
Jasa Kontraktor Bangun dan Renovasi Rumah di Surabaya

Banyak orang menyebut kontraktor sebagai pemborong, padahal ada perbedaan antara kontraktor dan pemborong. Sistem kerja kontraktor berdasarkan kontrak tertulis, tetapi pemborong bekerja berdasarkan perjanjian lisan saja. Selain itu, kontraktor selalu berbadan hukum, sedangkan pemborong kebalikannya.

2. Cakupan Jasa Kontraktor

Menurut Canadian Home Builders’ Association (CHBA), Anda perlu memeriksa calon kontraktor secara menyeluruh sebelum memutuskan siapa yang akan dipekerjakan.

Walaupun Anda mendapatkan referensi positif dari teman atau tetangga, periksa juga reputasi kontraktor dan pahami layanan yang dapat dikerjakan oleh kontraktor tersebut. Berikut ini beberapa layanan yang ditawarkan oleh kontraktor secara umum.

Jasa desain

Setelah berdiskusi dengan pemilik proyek dan melakukan survei lahan, kontraktor akan memberikan jasa desain proyek secara detail. Mulai dari desain interior, eksterior, hingga fasilitas. Desain ini akan dibuat sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan bujet pemilik proyek.

Bangunan dan material

Pada tahap ini, kontraktor bertanggung jawab secara penuh terhadap pembersihan lahan, penggalian tanah untuk keperluan pondasi, dan pembuatan sumur resapan. Jika diperlukan, kontraktor akan menggunakan berbagai alat berat untuk kelancaran proyek.

Renovasi atau remodeling

Pada tahap ini, kontraktor akan melakukan renovasi atau remodeling seperti pembongkaran dan perbaikan. Kontraktor bisa saja melakukan perombakan yang berkaitan dengan interior, eksterior, dan fasilitas rumah atau gedung.

3. Jenis-jenis Kontraktor

Bidang usaha jasa kontraktor tidak hanya mencakup pembangunan rumah dan gedung tinggi. Ternyata ada banyak bidang yang sesuai dengan kapasitas dan jasa yang ditawarkan. Inilah contohnya.

Kontraktor bidang arsitektural

Kontraktor bidang arsitektural paling sering digunakan masyarakat umum. Pekerjaannya meliputi arsitektur bangunan yang berteknologi sederhana, teknologi menengah, hingga teknologi tinggi, juga arsitektur interior, lanskap, dan perawatannya.

Kontraktor bidang pekerjaan sipil

Jasa kontraktor sipil meliputi pembuatan jembatan, jalanan, pembangunan jalur kereta api, landasan pesawat, jalan bawah tanah, terowongan, bendungan, jaringan pengairan, dan saluran drainase.

Pembuatan pelabuhan, struktur bangunan gedung, konstruksi pabrik, dan tambang beserta perawatannya dan pekerjaan penghancuran bangunan juga menjadi bagian dari tugas jasa kontraktor bidang ini.

Kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan

Sesuai namanya, kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan mengurus hal-hal yang berhubungaan dengan rencana penataan perkotaan, meliputi analisis dampak lingkungan, teknik lingkungan, bangunan pengolahan air bersih, dan pengolahan limbah.

Pengembangan wilayah, perpipaan air bersih, perpipaan limbah, dan perawatannya juga diperhatikan oleh jasa kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan.

Kontraktor bidang elektrikal

Jasa kontraktor elektrikal memiliki tanggung jawab terhadap kelistrikan seperti instalasi pembangkit, instalasi listrik, jaringan transmisi dan distribusi, sinyal, dan telekomunikasi kereta api, telekomunikasi dan sarana bantu navigasi udara dan laut, penangkal petir, serta bangunan pemancar radio.

Kontraktor bidang mekanikal

Jasa kontraktor mekanikal bertanggung jawab terhadap instalasi AC, instalasi industri, instalasi minyak atau gas, konstruksi lift dan eskalator, dan perpipaan termasuk perawatannya.

4. Perusahaan Kontraktor Terbaik

Berikut ini 5 besar perusahaan kontraktor terbaik sekaligus terbesar di Indonesia.

  • PT Adhi Karya (Persero) Tbk. – Salah satu kontraktor terbesar milik pemerintah ini didirikan pada tahun 1960. Tahun 1974 status perusahaan ini berubah menjadi Perseroan Terbatas, kemudian pada tahun 2004 menjadi perusahaan konstruksi pertama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
  • PT PP (Persero) Tbk. – Didirikan pada tahun 1953 dengan nama N.V Pembangunan Perumahan, saat itu perusahaan dipercaya untuk membangun rumah bagi para petugas PT Semen Gresik Tbk. Setelah itu, perusahaan ini membangun berbagai proyek seperti Hotel Indonesia, Ambarrukmo Palace Hotel, dan Samudra Beach Hotel. Tahun 1971 nama perusahaan ini berubah menjadi PT PP dan telah melakukan inovasi serta memiliki beberapa anak perusahaan.
  • PT Hutama Karya (Persero) – Perusahaan ini resmi berdiri di bawah naungan BUMN melalui PP RI no. 61 tahun 1961. PT Hutama Karya menunjukkan karyanya melalui konstruksi bangunan bernilai sejarah seperti Gedung MPR RI dan Monumen Patung Dirgantara di Jakarta. Perusahaan ini juga membangun infrastruktur dengan konstruksi berteknologi tinggi berupa jembatan bentang panjang seperti Jembatan Ampera di Palembang.
  • PT Total Bangunan Persada Tbk. – Diresmikan pada tahun 1970, 11 tahun kemudian nama perusahaan ini berubah menjadi PT Total Bangunan Persada Tbk. Hasil karya perusahaan ini selama 40 tahun antara lain adalah JIExpo Convention and Theatre, ICE BSD, Menara Astra, Menara Kompas, BRI BSD Tower, dan lain-lain.
  • PT Indonesia Pondasi Raya (Indopora) Tbk. – Perusahaan ini didirikan tahun 1977 dan berfokus pada pembuatan pondasi, dinding penahan tanah, dan perbaikan tanah. Tahun 2018, PT Indonesia Pondasi Raya Tbk mendapatkan Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award untuk kategori construction.

Apa Itu Kontraktor Sipil dan Sub Kontraktor

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu kontraktor sipil, ulasan kali ini akan membahas mengenai hal tersebut. Kontraktor sipil merupakan sebuah perusahaan atau jasa kontraktor yang bekerja dalam pembangunan yang diminta oleh suatu pemerintahan.

Mengingat belakangan ini Indonesia sangat memperhatikan pembangunan infrastrukturdan fasilitas umum seperti bandara, pembangunan sungai dan lainnya.

Hal tersebut sangat membutuhkan peran dari kontraktor. Ini juga yang membuat pemerintah memiliki wewenang untuk menujuk kontraktor mana yang akan mengerjakan pekerjaan sipil ini. Ketika kontraktor tersebut melakukan tugas ini, tak lain kontraktor tersebut dapat disebut tengah mengerjakan kontraktor sipil.

Ketika membangun sebuah infrastrukur, tol, dan bangunan lainnya yang berhubungan dengan rencana pemerintahan, maka hal tersebut merupakan bagian dari pekerjaan kontraktor sipil. Lantas apa pengertian dari kontraktor itu sendiri ?

Kontraktor (sipil) sendiri merupakan badan hukum atau perorangan yang disewa oleh seseorang yang hendak melakukan proyek kontruksi atau lainnya.

Proyek ini dikerjakan melalui kontrak atau perjanjian yang sudah di sepakati oleh kedua belah pihak yakni pihak kontraktor dan penyewa. Selain itu proyek dari kontrakor sipil dibatasi oleh bagian pekerjaan yang dilakasanakan layaknya waktu, biaya dan juga penyelesaian sebuah proyek.

Jasa Kontraktor Surabaya

Kontraktor sendiri disebut sebagai sebutan pemoborong. Siapapun bisa menjadi seorang kontraktor, namun kontraktor hanya mereka yang memiliki badan hukum bisa berbentuk perusahaan PT maupun CV. Lalu bagaimana cara kontraktor mendapat pekerjaan?

1. Lelang

Hal yang pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kontraktor bisa melalui lelang oleh setoran owner ataupun pemiliki dari sebuah proyek untuk mengikuti seleksi. Kemudian pemenang lelang ini akan dipilih dengan produknya yang paling berkualutas, sesuai kriteria, mengajukan harga murah dan ditetapkan oleh owner.

2. Penunjukkan Langsung

Tak jarang kontraktor sipil mengalami penunjukkan langsung, disini owner baik pemerintah dapat menunju secara langsung kontraktor mana yang hendak dan berhak untuk melaksanaan proyek dari pekerjaan pembangunan yang diinginkan oleh seorang owner. Spesialisasi dan Macam-Macam Kontraktor :

  1. Kontraktor Sipil yang biasa melakukan pembangunan layaknya infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, tol, pembangunan gedung, pelabuhan, kolam renang, ataupun bandara dan hal-hal lainnya yang menunjang kesejahteraan dan akses rakyat.
  2. Pegadaan tenaga kerja, kontraktor pun memiliki spesialisasi untuk pengadaan tenaga kerja yang diperuntukan untuk sebuah proyek kontruksi.
  3. Pertahanan dan militer menjadi macam dari kontraktor yang dapat dikerjakan contohnya pengadaan seragam ataupun perlatan militer.

Apa Itu Sub Kontraktor ?

Selain kontraktor sipil, ada juga yang disebut sebagai sub kontraktor. Yang artinya sebuah badan hukum atau orang yang mampu memborong pekerjaan pada bidang atau spesialisasi tertentu pada sebuah perushaan kontraktor utama.

Contohnya ketika hendak melaksanakan proyek gedung yang bertingkat menjulang ada juga yang disebut sebagai subktorakor pembensin, listrik, bekisting, partisi dinding, finishing arsitektur dan masih banyak lagi sub kontraktor lainnya dalam sebuah perusahaan kontraktor itu sendiri.

Jasa Bangun Rumah Surabaya

Banyak hal yang telah diselesaikan oleh kontraktor sipil itu sendiri seperti pembangunan jembatan, jalan, bangunan, pelabuhan dan proyek infrastruktur lainnya. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh perusahaan kontraktor dan membantu berkontribusi dalam sebuah kontruksi atau pembangunan.

Tidak hanya kontraktor sipil, perusahaan konstruksi lain pun dalam mengerjakan sebuah proyek memiliki sistem denda mapun sanksi bila pemborong gagal dlam melakukan pekerjaan yang sudah tertera dalam sebuah kontrak.

Contohnya ketika hasil kontruksi tidak sesuai dengan spesifikasi teknik, penyelesaian waktu dan hal-hal yang tidak sesuai didalam kontrak yang telah disepakati.

Tips Hemat Renovasi dan Bangun Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang masih sulit dijangkau kaum milenial. Harga untuk membangun atau membeli rumah yang kian mahal menjadi alasan utama kaum muda lebih memilih untuk mengontrak lantaran belum ada cukup dana.

Padahal, jika kamu pintar mengakali dana yang ada, biaya untuk mengontrak bisa digunakan untuk membangun rumah. Dengan sedikit usaha dan strategi berikut ini, impian punya rumah bisa kamu wujudkan meski dana yang dimiliki terbatas.

Sebelum mulai membangun, kamu bisa rencanakan terlebih dulu pengeluaran secara rinci dan detail

Ini bisa dilakukan jika kamu sudah tahu ukuran bangunan, bentuk rumah, serta target waktu untuk membangun. Saat semua sudah beres, kamu bisa mulai menyusun anggaran secara rinci.

Anggaran ini nantinya akan jadi acuan tiap kali kamu mengeluarkan biaya untuk membangun rumah nantinya.

Ada baiknya kamu survei material terlebih dahulu supaya lebih mudah merinci harganya

Biaya bahan bangunan merupakan salah satu faktor yang bikin pengeluaran membangun rumahmu jadi membengkak.

Untuk itu, kamu perlu melakukan survei material bangun terlebih dulu supaya bisa mendapatkan bahan bangunan yang baik dengan harga yang relatif miring. Nggak ada ruginya kok meluangkan waktu untuk riset harga bahan-bahan bangunan yang nanti akan kamu gunakan.

Supaya lebih murah, pilihlah bahan bangunan buatan lokal bukan dari luar negeri

Bahan bangunan berkualitas juga bisa kamu dapatkan dari merek lokal kok. Selain bagus dan berkualitas, bahan bangunan dari merek lokal pun memiliki harga yang relatif lebih murah lo! Nah, jadi uangnya bisa kamu sisihkan untuk membeli yang lain.

Memilih tukang bangunan borongan juga bisa membantu memangkas pengeluaran dana untuk membangun rumah

Kalau menggunakan sistem borongan, kamu bisa memprediksi total biaya pekerja yang lebih pasti daripada sistem harian.

Biasanya, pekerjaan dengan sistem borongan juga akan jadi lebih cepat, sehingga kamu bisa menekan biaya makan siang yang diberikan untuk tukang bangunanmu. Meski begitu, pilihlah tukang yang memiliki pengalaman dan reputasi kerja yang baik, ya!

Untuk memotong anggaran, kamu bisa membangun kamar mandi dengan shower saja

Kalau dihitung-hitung, kamar mandi memakan biaya pembangunan yang cukup banyak lo! Pasalnya untuk membangun kamar mandi, kamu harus menyiapkan banyak hal seperti anti air, keran otomatis, furnitur kamar mandi, dan masih banyak lagi.

Supaya lebih hemat, bangunlah kamar mandi dengan shower. Meski nggak begitu terlihat, ternyata cara ini terbukti ampuh untuk menghemat anggaran!

Demikianlah Rekomendasi Jasa Kontraktor Surabaya untuk Bangun rumah baru dan lama maupun Renovasi / Rehab Rumah Ruko dan Gedung di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik

 

Disclaimer : Bila data diatas ada perubahan atau salah silahkan menghubungi kami, dan jika usaha anda ingin dipromosikan silahkan klik disini..

Related posts