Jelang Aksi Reuni 212, Kawasan Istana Kepresidenan Steril

Jelang Aksi Reuni 212, Kawasan Istana Kepresidenan Steril

Aparat gabungan dari Polri, TNI dan Polisi Pamong Praja, hari ini, Kamis (2/12/2021), melakukan penjagaan ketat dan penyekatan di berbagai lokasi menuju Istana Kepresidenan Jakarta, dan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Penjagaan itu merupakan antisipasi banyaknya massa yang rencananya akan melakukan aksi bertajuk Reuni 212, di dekat Patung Arjuna Wijaya, yang berjarak sekitar 500 meter dari Istana Merdeka.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, penjagaan ketat terlihat di Jalan Cempaka Putih, Masjid Istiqlal, dan Jalan Veteran yang ada di sisi utara Istana Negara.

Ratusan personel TNI dan Polri disebar di berbagai lokasi. Massa yang memakai atribut 212 dan berencana melakukan aksi kumpul-kumpul dilarang mendekat ke area Monas.

Di sisi timur Istana Kepresidenan terlihat steril dari masyarakat umum. Cuma orang-orang yang berkepentingan saja yang bisa melintas.

Di sekitar Istana Presiden, aparat keamanan memasang barrier untuk membatasi akses kendaraan.

Sebelumnya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo Dirlantas Polda Metro Jaya mengatakan, hari ini ada sekitar delapan titik penyekatan jalan menuju area Monas.

Selain itu, untuk mengantisipasi massa yang datang dari daerah penyangga Jakarta, Polisi juga melakukan pembatasan akses di beberapa lokasi seperti Pertigaan Bintaro Sektor 3, Pondok Aren, dan Pertigaan Sandratex, Ciputat, Tangerang Selatan.

Polda Metro Jaya sendiri tidak mengeluarkan izin aksi Reuni 212 di kawasan Monas.

Untuk mengantisipasi massa aksi, penyekatan dilakukan mulai dini hari tadi, Kamis (1/12/2021) pukul 00.00 WIB, sampai nanti pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, Eka Jaya Ketua Panitia Reuni 212 mengatakan dalam keterangannya kemarin, Rabu (1/12/2021), aksi akan digelar pada pukul 08.00 WIB di Patung Arjuna Wijaya.

Dia bilang, Reuni 212 merupakan aksi super damai. Para peserta aksi wajib menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan, menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak fisik.

Tapi, dari pantauan di lapangan, sampai pukul 09.00 WIB, belum terlihat massa yang akan melakukan aksi Reuni 212 di sekitaran Monumen Nasional.(rid/dfn/rst)

Berita Terbaru Terkait “Jelang Aksi Reuni 212, Kawasan Istana Kepresidenan Steril” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021