Johnny Nash I Can See Clearly Now Berpulang

  • Whatsapp

Johnny Nash pencitpta dan pelantun lagu hits yang merajai jajaran lagu Inggris dan Amerika Serikat pada 1972 bertajuk I Can See Clearly Now, yang sekarang masih sering diputar tutup usia Selasa (6/10/2020) di usianya yang ke-80 tahun.

Putranya, Johnny Nash Jr. mengonfirmasi kabar kematian sang ayah kepada Associated Press (AP) dikutip Antara, Rabu (7/10/2020). Nash meninggal karena penyebab alami di kediamannya di Houston, AS.

Perlu diketahui, meski dianggap sebagai “one-hit wonder” oleh banyak orang, Nash sebenarnya meraih sukses lewat “I Can See Clearly Now” di usianya yang ke-32 tahun setelah dia bertahun-tahun masuk dapur rekaman sejak 1950-an pada usia 17 tahun.

Lahir di Houston, Texas, John Lester Nash, Jr. tumbuh dengan bernyanyi di gereja. Jelang kesuksesannya, dia melakukan perjalanan ke Jamaika pada 1968 di mana ia bertemu Bob Marley, Peter Tosh, dan Bunny Livingston.

Dia membiayai rekaman mereka untuk labelnya sendiri, JAD, namun gagal. “I Can See Clearly Now” – yang ia tulis dan hasilkan sendiri – sukses besar. Lagu itu nangkring di No. 1 tangga lagu di Amerika Serikat selama empat minggu.

“I Can See Clearly Now” kembali menjadi hit pada tahun 1993 ketika Jimmy Cliff merekamnya untuk soundtrack “Cool Runnings”; lagu tersebut mencapai No. 18 dan merupakan lagu AS dengan posisi tertinggi di tangga lagu Jamaika.

Orang lain yang pernah meng-cover lagu itu di antaranya adalah Ray Charles, Gladys Knight dan Pips, Grace VanderWaal, Hothouse Flowers dan band punk Screeching Weasel, Variety dikutip Rabu.(ant/den)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/senggang/2020/johnny-nash-i-can-see-clearly-now-berpulang/

Related posts