Kadis PU: Akan Dibangun Jembatan Baru Menggantikan Jembatan Kacangan di Gresik yang Patah

  • Bagikan
Kadis PU: Akan Dibangun Jembatan Baru Menggantikan Jembatan Kacangan di Gresik yang Patah

Ahmad Hadi Kabid Bina Marga Dinas PU dan Tata Ruang Gresik mengatakan, Jembatan Kacangan di Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik yang patah pada Minggu sore (19/12/2021) akan dibongkar total kemudian dibangun jembatan baru.

“Secara estimasi teknis memang tidak bisa di-repair lagi. Harus dibongkar total dan diganti dengan jembatan baru,” kata Ahmad Hadi saat dikonfirmasi Suara Surabaya, Senin (20/12/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan ada kemungkinan pergeseran titik pancang, karena akan dilakukan kajian aliran sungai agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Baca juga: Jembatan Kacangan di Benjeng Gresik Patah 

Saat ini tim khusus sedang melakukan kajian mendalam dari segala aspek terkait penyebab patahnya Jembatan Kacangan ini.

Ahmad Hadi menjelaskan, Jembatan Kacangan memiliki panjang bentang sepanjang 90 meter yang terbagi menjadi 3 segmen.

“Ada dua pilar yang masing-masing pilar punya 10 pancang ke bawah. Ada satu pilar yang ambles sehingga segmen jembatan runtuh ke bawah. Posisi sekarang memang pilar sebagian besar terendam Kali Lamong akibat hujan sehingga secara visual kami masih mencari variabel yang mempengaruhi apa saja,” ungkapnya.

“Bisa jadi intensitas curah hujan di air Kali Lamong atau posisi jembatan terhadap derajat aliran sungai yang jadi salah satu faktor yang membuat pilar atau pancang jembatan berkurang kekuatannya,” Ahmad Hadi melanjutkan penjelasannya.

Sedangkan untuk biaya pembangunan jembatan nantinya akan dikoordinasikan bersama antara Pemkab Gresik dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo yang memiliki kewenangan di sana.

Baca juga: Pemkab Gresik Bentuk Tim Khusus Cari Penyebab Jembatan Kacangan Patah

Pihaknya juga memastikan pemeliharaan rutin dan berkala dilakukan untuk mengecek kondisi Jembatan Kacangan yang usianya sudah 20 tahun itu.

“Secara berkala kita adakan pemeliharaan rutin. Tahun kemarin kita cek belum ada tanda-tanda kerusakan atau pergeseran, masih baik,” tegasnya.(dfn/rst)

Berita Terbaru Terkait “Kadis PU: Akan Dibangun Jembatan Baru Menggantikan Jembatan Kacangan di Gresik yang Patah” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×