Kemenhub Siapkan Formula Perhitungan Tarif Kendaraan Angkutan Barang

Kemenhub Siapkan Formula Perhitungan Tarif Kendaraan Angkutan Barang

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menyusun formula perhitungan tarif angkutan barang sebagai salah satu upaya untuk mencegah pelanggaran operator truk agar tidak melebihi dimensi dan muatan atau over dimension over loading (ODOL).

“Selama ini tarif diatur oleh pasar,” kata Budi Setiyadi Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan usai pertemuan dengan asosiasi pengusaha angkutan barang di Semarang, Jateng, Senin (7/3/2022), seperti dilansir Antara.

Menurut dia, ketidakseragaman tarif yang menyebabkan banyak pengusaha angkutan barang melanggar ketentuan kelebihan muatan.

Ia tidak memungkiri adanya hubungan kerja antara operator kendaraan dengan pemilik barang dalam bisnis angkutan barang tersebut.

“Kalau over dimensi hubungannya dengan pemilik kendaraan, tetapi kalau over loading hubungannya dengan pemilik barang,” tambahnya.

Ia menuturkan dalam penegakan aturan tentang kelebihan muatan dan dimensi truk ini akan mengutamakan aspek sosialisasi dan edukasi.

“Tetapi, kalau pelanggarannya tentu akan kami tindak,” katanya.

Salah satu toleransi yang diberikan Kementerian Perhubungan terhadap kendaraan angkutan barang, kata dia, yakni diperuntukkan bagi pengangkut bahan kebutuhan pokok.

Menurut dia, perlakuan khusus akan diberikan kepada truk pengangkut bahan kebutuhan pokok agar tidak disamakan dengan yang bukan pengangkut bahan kebutuhan pokok.

Sementara itu, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah menambahkan upaya preemtif akan diutamakan dalam penindakan pelanggaran kendaraan yang melebihi batas muatan maupun dimensinya.

“Semua untuk keselamatan pengguna jalan. Penegakan hukum akan menjadi pilihan terakhir,” katanya.(ant/iss/ipg)

Berita Terbaru Terkait “Kemenhub Siapkan Formula Perhitungan Tarif Kendaraan Angkutan Barang” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021