Ketersediaan Kantong Plasma Darah Masih Terbatas

  • Bagikan

Surabaya – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy saat berkunjung Kantor Unit Transfusi Darah Kota Surabaya mengklaim bahwasanya kantong plasma yang ada di penyimpanan saat ini masih sangat terbatas untuk wilayah Jawa Timur. Meskipun jumlah pendonor dari Jatim tergolong tinggi dalam skala nasional, namun saat ini pemerintah masih kurang ketersediaan alat dan masih belum rata pembagiannya.

“Jadi sebagian besar masih di Surabaya dan Jakarta. Untuk alatnya, di Surabaya sekarang udah ada 4, sedangkan di Jakarta sudah ada 18. Nantinya akan kami sebar juga ke luar Jawa,” ungkap Muhadjir saat diwawancarai usai penyerahan penghargaan di Gedung PMI Surabaya, Selasa (16/2/2021).

Muhadjir mengungkapan, pendanaan untuk kantong plasma ini sendiri sudah di arrange oleh Kementrian Kesehatan dan BNPB. Akan tetapi masih landainya ketersediaan ini disebabkan oleh kurangnya supply di pasar Indonesia maupun dunia. Dengan kata lain angka demand masih diatas supply, sedangkan dunia juga dinilai baru sadar bahwa plasma ini berpotensi menjadi faktor pembeda atau game changer.

“Efektivitas plasma sendiri, untuk yang kondisinya pada pasien ringan bisa sampai 100 persen, kalau kondisi sedang sampai 86 persen tapi jangan sampai diberikan pada pasien dengan kondisi kritis,” ujarnya.

Ia mengaku meski dirinya bukan merupakan seseorang yang expert dalam bidang medis, namun hasil diskusi dengan pihak rumah sakit memberikan hasil bahwasanya jangan sampai plasma diberikan pada pasien dengan kondisi kritis. Pemberian plasma harus diprioritaskan pada pasien dengan kondisi sedang.

“Angka pasien yang dapat donor tinggi, hanya saja di lapangan kami menemui kesulitan pada golongan darah,” kata Muhadjir.

Stok plasma sendiri, saat ini sudah tersedia sebanyak 159 kantong dari berbagai golongan darah. Calon pendonor yang masih menunggu antrian hingga saat ini sebanyak 626 orang, sedangkan yang sudah berhasil dibagi sebanyak 1.103.000 kantong.

Informasi “Ketersediaan Kantong Plasma Darah Masih Terbatas” Telah Tayang di infosurabaya.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×