Lebih dari 300 Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen di PLN

  • Bagikan

Sejumlah partisipan Donor Plasma Konvalesen di Kantor PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur sudah melakukan registrasi, Selasa (16/2/2021).

Setidaknya ada lebih dari 306 penyintas Covid-19 yang berniat mendonorkan plasma konvalesen di Kantor PLN, hari ini.

Dari total partisipan, 246 orang di antaranya merupakan pegawai PLN. Sedangkan 60 orang lainnya merupakan partisipan umum.

Sejumlah petugas medis yang dilengkapi APD di Kantor PLN Jatim Jalan Embong Trengguli ini hanya akan melakukan screening terhadap calon pendonor.

Dikdik Ahmad Samsudin satu di antara Panitia Donor Konvalesen PLN Jatim bilang, screening partisipan ini sebenarnya sudah berlangsung sejak Kamis kemarin.

“Kamis kemarin sudah ada 61 partisipan yang menjalani pengambilan sampel darah untuk proses screening. Hanya 18 orang di antaranya yang lolos, dan hari ini menjalani donor plasma konvalesen di Kantor PMI,” ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Sesuai rencana, Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menghadiri kegiatan ini.

Muhadjir menyaksikan proses pengambilan sampel darah terhadap calon pendonor Plasma Konvalesen.

Dalam berbagai kesempatan, Menko PMK terus mengimbau penyintas Covid-19 agar mendonorkan plasma konvalesen.

Plasma darah konvalesen dari penyintas Covid-19 adalah bentuk terapi penyembuhan yang dianggap cukup efektif bagi pasien Covid-19 dengan gejala berat.

Setelah uji coba di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, penerapan terapi plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 semakin luas.

Namun, seiring meningkatnya jumlah orang terjangkit Covid-19, persediaan plasma darah mengandung antibodi itu belum mampu memenuhi kebutuhan pasien Covid-19.(den/iss/lim)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/lebih-dari-300-penyintas-covid-19-donorkan-plasma-konvalesen-di-pln/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×