Masalah Surat Ijo di Surabaya Mulai Temui Titik Terang

  • Bagikan
Masalah Surat Ijo di Surabaya Mulai Temui Titik Terang

Surabaya – Persoalan Izin Pemakaian Tanah (IPT) atau surat ijo di Surabaya belum selesai. Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana berupaya menuntaskan masalah tersebut, di akhir masa tugasnya.

Ia berkirim surat ke pemerintah pusat. Ia meminta kejelasan agar aset daerah itu bisa diserahkan ke warga.

“Minggu lalu sudah berkirim surat ke sejumlah kementerian. Surat itu disampaikan ke Kemendagri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), dan BPN. Isinya pemkot meminta solusi penyelesaian surat hijau (surat ijo). Kemarin saya kirim lagi surat kedua,” kata Whisnu di Balai Kota Surabaya, Selasa (16/2/2021).

Dalam surat tersebut, pemkot juga meminta pusat memeriksa perolehan awal aset. Hal itu guna memastikan tidak adanya aturan yang dilanggar.

Jika pada pemeriksaan terdapat perolehan tanah yang tidak sesuai aturan UU, maka pemkot menyiapkan langkah. Di mana lahan tersebut akan diserahkan pada warga.

“Tapi ada satu syarat yang harus dipenuhi. Aset daerah itu digunakan sebagai hunian. Hanya untuk tempat tinggal dan permukiman,” ujarnya.

Lain halnya bagi tanah yang digunakan sebagai tempat usaha. Pemkot tidak bisa menyerahkan lahan itu ke warga. Sebab, yang menjadi prioritas tempat tinggal.

Soal teknis penyerahan ke warga, Whisnu menjelaskan, pemkot menunggu persetujuan dari pemerintah pusat. Ketika mendapatkan lampu hijau, pihaknya akan memberikan pengumuman pada warga untuk menyiapkan sejumlah berkas yang dibutuhkan.

“Setelah lengkap, proses pengajuan sertifikat bisa diajukan ke Kantor Pertanahan,” terangnya.

Menurutnya, persoalan surat ijo memang belum ada penyelesaian. Setiap tahun penghuni aset pemkot terus meminta kejelasan agar lahan itu diserahkan ke warga. Namun tidak ada kejelasan.

Dalam data pemkot, surat ijo itu tersebar. Jumlahnya mencapai 47.200 persil, sekitar 39 ribu digunakan sebagai hunian.

Informasi “Masalah Surat Ijo di Surabaya Mulai Temui Titik Terang” Telah Tayang di infosurabaya.id

Cari Berita Terkait Masalah Surat Ijo di Surabaya Mulai Temui Titik Terang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×