Mengenal Self Healing, Proses Penyembuhan Diri Terhadap Trauma di Masa Lampau

Mengenal Self Healing, Proses Penyembuhan Diri Terhadap Trauma di Masa Lampau

Istilah self healing saat ini kerap disalahartikan. Self healing sering diidentikkan dengan aktivitas berisitirahat sejenak atau mengambil jeda dari tuntutan serta rutinitas pekerjaan atau sekolah. Istilah ini juga sering menyertai postingan di media sosial sebagai caption saat mengunjungi wisata alam atau ke tempat aestetik lainnya. Padahal praktik self healing tidak melulu seperti itu.

Yoehan Santoso praktisi healing therapy menjelaskan, yang harus dipahami dalam self healing adalah reaksi psikologis terhadap suatu trauma atau memori yang ada di masa lampau.

“Ketika dulu punya pengalamamn buruk dengan seseorang, ketika merasa dipojokkan atau dibuat sakit yang akan terjadi adalah kita akan teringat terus. Kita di sini harus bisa melihat dengan jelas bahwa kejadian itu sudah berlalu. Ketika saat ini tidak bersama dengan dia, kita harus bisa melihat dan bertanya kenapa kok masih merasa tersakiti? Ini sesuatu yang harus digali dalam diri, bukan hanya dengan sugesti tidak apa-apa karena ini bentuk penyangkalan diri,” kata Yoehan kepada Suara Surabaya, Sabtu (19/2/2022).

Terkait makna self healing yang mengalami pergeseran akhir-akhir ini, Yoehan menilai bahwa itu bukanlah sesuatu yang sepenuhnya salah karena itu adalah bentuk self care.

“Tapi self care jangan dimaknai pada segala sesuatu yang memanjakan diri. Self care adalah menjaga balance kehidupan kita. Kita mengembangkan segala sesuatu yang bisa nourishing dan kemudian kita mencoba mempersedikit kegiatan yang depleating, yang membuat kita tidak bergairah,” jelasnya.

Dia menambahkan, pada dasarnya semua orang membutuhkan self healing agar dapat terbebas dari trauma. Self healing juga erat kaitannya dengan persepsi masing-masing individu.

Self healing sebenarnya adalah hal yang sangat sederhana kaitannya dengan persepsi kita. Ketika kita menyadari apapun yang terjadi adalah dari memori, maka kita bisa melihat bagaimana menyikapi memori yang timbul,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terbaru Terkait “Mengenal Self Healing, Proses Penyembuhan Diri Terhadap Trauma di Masa Lampau” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021