Menikmati Keindahan Alam Hutan Mangrove di Surabaya

Release Oleh Info Surabaya

  • Whatsapp
Kota Surabaya ternyata memiliki kawasan wisata hutan mangrove dengan keindahan alam yang mempesona, keberadaannya tentu bisa dijadikan alternative bagi Anda yang ingin menikmati sesuatu yang berbeda. Di kawasan ini Anda bisa menyaksikan kawanan monyet dan puluhan burung yang menjadi penghuni di hutan mangrove tersebut.
Hutan mangrove di Surabaya ini diremikan pada tanggal 1 Januari 2010 lalu oleh Wali Kota yang saat itu dijabat oleh Bapak Bambang DH, lokasi kawasan ini tidak jauh dari kampus UPN Veteran dimana hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja. banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini seperti wisata alam, sebagai wahana tempat pendidikan lingkungan, serta menjadi alternativ wisata bahari alami di kota Surabaya.
Hutan mangrove sendiri merupakan kawasan hutan yang banyak ditumbuhi pepohonan berupa mangrove diatas rawa-rawa yang letaknya berada di pinggiran pantai, keberadaannya begitu sangat penting karena bisa berfungsi untuk melindungi garis pantai dari proses abrasi dan juga bisa meredam terjangan ombak termasuk juga tsunami. Di Indonesia sebagian besar hutan mangrove beralih fungsi menjadi tambak, namun di Surabaya hutan mangrove bisa menjadi kawasan wisata sekaligus melindungi pantai dari abrasi.
Ketika berkunjung ke hutan mangrove Surabaya, Anda bisa mengelilingi hutan dengan melalui jembatan yang terbuat dari kayu sambil menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Namun apabila sudah merasa lelah berjalan kaki, bisa dilanjutkan dengan menggunakan perahu motor yang telah disediakan dimana mampu menampung hingga 40 orang.
Selain menikmati keindahan alam di hutan mangrove ini, pengunjung juga bisa ikut menanam dan merawat mangrove atau pohon bakau di area tersebut. Keberadaan hutan mangrove bisa menjadi sangat penting, karena dapat menyediakan atau menyimpan jutaan ton karbon, serta bisa menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis spesies yang tidak ditemukan di kawasan lain.

Untuk sampai di kawasan hutan mangrove Surabaya, pengunjung harus melewati jalan sempit, namun bisa dilalui oleh kendaraan motor atapun mobil. Kemudian kendaraan bisa diparkir pada area yang telah disediakan, setelah itu untuk menuju hutan mangrove harus ditempuh dengan menggunakan perahu, namun dalam perjalanan Anda akan ditemani kicauan burung sehingga tidak membosankan.

Release Oleh Info Surabaya

Loading...

Pos terkait