Meski Pandemi, Jumlah UMKM di Surabaya Bertambah Hingga 29 Ribu

  • Bagikan

Surabaya – Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Surabaya mengalami pertumbuhan signifakn semenjak masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkopum) Surabaya, menyatakan bahwa dari tahun 2020 hingga 2021, ada peningkatan dari jumlah total UMKM yang mencapai angka 40 ribu. Ini artinya terdapat 29 ribu UMKM baru di Surabaya.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Dinkopum Surabaya, Widodo Suryantoro. Ia mencatat sebelum pandemi, jumlah UMKM berada di kisaran 11 ribu.

“Dari data yang kami himpun, udah ada kenaikan sampai 29 ribu. Jadi total ada 40 ribu sekarang,” ungkap Widodo saat dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Widodo mengungkapkan, atas peningkatan tajam tersebut, Dinkopum Surabaya melakukan berbagai upaya supaya UMKM mampu bertahan dan berkembang. Salah satunya dengan menggandeng OPD lain, seperti Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP5A). Dinkopum kemudian akan mencatat kebutuhan UMKM.

“Pelatihan juga akan diberikan supaya UMKM mampu bersaing dengan produk lain,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kenaikan UMKM berkisar di dua bidang, yakni jasa dan kuliner. Hal ini, lantaran warga mampu memanfaatkan peluang selama pandemi. Dimkopum sendiri mencatat bahwa beberapa jenis usaha mulai bermunculan. Misalnya, depot, warung, servis sepeda motor hingga salon.

“Warga menghindari keluar rumah. Jadi jasa dan kuliner ini difokuskan untuk pelayanan langsung ke rumah,” pungkas Widodo.

Informasi ” Meski Pandemi, Jumlah UMKM di Surabaya Bertambah Hingga 29 Ribu
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/02/26/meski-pandemi-jumlah-umkm-di-surabaya-bertambah-hingga-29-ribu/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×