Museum Boga Indonesia Gandeng WIR Group Kenalkan Kekayaan Kuliner Nusantara di Metaverse

Museum Boga Indonesia Gandeng WIR Group Kenalkan Kekayaan Kuliner Nusantara di Metaverse
Museum Boga Indonesia Gandeng WIR Group Kenalkan Kekayaan Kuliner Nusantara di Metaverse
ILUSTRASI : Museum Boga Exhibition Kaki Lima

infoSURABAYA.com – Nusantara memiliki banyak warisan budaya yang tidak ternilai harganya. Salah satu dari warisan tersebut adalah ragam kuliner khas daerah dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Tentunya warisan tak ternilai tersebut harus dilestarikan hingga ke zaman yang akan datang. Yayasan Museum Boga Indonesia dan WIR Group berupaya melestarikan kekayaan kuliner khas Indonesia melalui teknologi.

Didirikan pada September 2021, Yayasan Museum Boga Indonesia merupakan lembaga pengelola museum kuliner pertama di Asia Tenggara yang berfungsi sebagai tempat pengarsipan kekayaan kuliner Indonesia mulai dari resep, teknik memasak, bahan baku, hingga rempah.

“Dengan tujuan sebagai alat preservasi dan juga edukasi kepada masyarakat, Museum Boga Indonesia akan dihadirkan dengan pendekatan kontemporer. Visi kami adalah melestarikan kebudayaan Indonesia,” ungkap Santhi Serad, Ketua Yayasan Museum Boga Indonesia.

Untuk mewujudkannya, Yayasan Museum Boga Indonesia bekerjasama dengan WIR Group dalam mengembangkan museum Indonesia pertama di dunia Metaverse.

Nantinya, Museum Boga Indonesia diwujudkan dalam ruang 3D virtual selanjutnya menjadi bagian dari dunia Metaverse Indonesia dan menjadi pertama yang menginjak dunia metaverse.

Museum virtual tersebut akan menyajikan informasi seputar makanan khas Indonesia yang dikemas dalam tampilan tiga dimensi yang atraktif dan interaktif.

“Masyarakat dapat berkunjung ke Museum Boga Indonesia tanpa harus datang secara fisik, tidak terhalang waktu dan tempat. Dari Sabang sampai Merauke, mereka bisa menikmati pengalaman ini sekaligus belajar tentang budaya kuliner Indonesia,” kata Michael Budi, CEO dan Co-Founder WIR Group.

Michael Budi menekankan, digitalisasi ini juga diharapkan menambah daya tarik kepada generasi muda untuk mempelajari dan melestarikan kuliner khas Nusantara.

Guna meresmikan kerjasama tersebut, Yayasan Museum Boga Indonesia dan WIR Group telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada Selasa (29/2/2022).

Rencananya Museum Boga Indonesia di dunia virtual dapat diakses melalui Metaverse Indonesia yang segera diluncurkan sebagai bagian dari presidensi Indonesia dalam G20 November mendatang.

Sebagaimana diketahui, Metaverse adalah bagian Internet dari realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dalam dunia internet tahap kedua.

Berkat bantuan teknologi augmented reality (AR), virtual reality (VR) serta artificial intelligence semua bisa berlangsung secara simultan dan parallel di Metaverse. Metaverse digambarkan sebagai teknologi yang memungkinkan orang orang untuk berkumpul dan berkomunikasi dengan masuk ke dalam dunia virtual. wid

Informasi ” Museum Boga Indonesia Gandeng WIR Group Kenalkan Kekayaan Kuliner Nusantara di Metaverse
Telah Tayang di : https://Berita Surabaya/2022/03/museum-boga-indonesia-gandeng-wir-group-kenalkan-kekayaan-kuliner-nusantara-di-metaverse/