Museum House of Sampoerna, Mengulik Sejarah Rokok Kretek di Indonesia

Release Oleh Info Surabaya

  • Whatsapp
House of Sampoerna merupakan sebuah museum rokok yang berdiri megah di Kota Surabaya. Dan nama Sampoerna sendiri tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga, yaitu nama dari sebuah produk rokok yang sudah melegenda di Indonesia yang masih ada hingga saat ini, dan gedung House of Sampoerna (HOS) dulu kala digunakan sebagai tempat untuk memproduksi salah satu rokok kretek ternama di Indonesia.
Jika memperhatikan gedung House of Sampoerna pada bagian depannya terdapat empat pilar yang berdiri kokoh, dengan menggambarkan salah satu produk Sampoerna yang melegenda itu, yakni merk rokok kretek yang memiliki simbol 234 (Dji Sam Soe). Jadi gedung yang kini menjadi sebuah museum megah tersebut dijadikan tempat khusus untuk mengenang rokok jenis kretek tersebut, karena memang di gedung inilah cikal bakal Dji Sam Soe terlahir.
Secara arsitektur bangunan House of Sampoerna memiliki tampilan yang unik bergaya Belanda, dibangun pada tahun 1862 bangunan megah ini sempat beberapa kali beralih fungsi. Mulanya gedung tersebut merupakan sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Belanda, lalu pada tahun 1932 dibeli oleh seoarngan imigran bernama Liem Seeng Tee sekaligus pendiri Sampoerna dan dijadikan tempat produksi rokok pertama Sampoerna.
Pada ruang pertama museum House of Sampoerna di Surabaya, para pengunjung bisa melihat-lihat awal mula lahirnya rokok kretek di Indonesia. Mengulik lebih dalam lagi, nilai sejarah mulai kentara terlihat, dimana disana terdapat miniature warung sebagai symbol usaha pertama bagi keluarga Sampoerna. Pada ruangan tersebut juga terdapat deskripsi pembuatan rokok, dan di bagian kanannya pengunjung dapat melihat barang-barang peninggalan keluarga yang menjadi saksi bisu terciptanya sejarah rokok kretek di Indonesia.
Beralih ke ruangan kedua dan ketiga, terdapat mesin-mesin untuk memproduksi rokok hingga koleksi kotak korek api dan kotak kemasan rokok dari masa ke masa. Kemudian apabila Anda ingin melihat-lihat souvenir yang sengaja dijual atau hanya sekedar ingin melihat pemandangan menarik, seperti bagaimana para karyawan membuat lintingan kretek, bisa naik ke lantai dua. Proses pembuatan rokok yang melegenda tersebut dapat disaksikan diruangan tersebut.

Berkunjung ke museum House of Sampoerna tidak hanya mengulik sejarah rokok kretek yang ada di Indonesia, tetapi bisa menjadi wisata bernilai edukasi. Jadi ketika musim libur tiba, tidak ada salahnya mengajak keluarga Anda ke tempat bersejarah ini. Dimana untuk akses ke tempat ini pun cukup mudah, karena letaknya yang berada di tengah kota Surabaya. Museum House of Sampoerna ini buka pukul 09.00 hingga jam 22.00 dan gratis untuk umum.

Release Oleh Info Surabaya

Loading...

Pos terkait