Close
Swipe Up to Read Content

Museum Sebagai Perawat Memori Perjuangan Bangsa

Menuju peringatan Hari Pahlawan, beragama cara bisa dilakukan untuk memperingati jasa-jasa para Pahlawan. Satu di antara yang lain adalah dengan mengunjungi museum yang menyimpan banyak cerita dan saksi bisu tentang perjuangan panjang pahlawan kita.

Museum yang menyimpan bekas sisa-sisa peperangan tentu tersebar di berbagai wilayah, terutama di Jawa. Berikut adalah museum-museum yang bisa jadi referensi mempelajari sejarah dan napak tilas para pahlawan terdahulu.

1. Museum 10 Nopember

Museum yang berada satu kompleks dengan Tugu Pahlawan berada di Jl. Pahlawan Surabaya ini menyimpan sejarah-sejarah seputar peristiwa 10 November 1945.

Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini menyajikan patung perjuangan arek-arek Suroboyo, foto-foto dokumenter, hingga pidato asli Bung Tomo.

Unik di museum 10 Nopember terdapat teknologi modern hologram. Teknologi yang sudah terpasang sejak akhir September 2019 ini berfungsi menjelaskan dokumenter sejarah dengan tampilan visualisasi tiga dimensi.

2. Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman

Museum Sudirman terdapa di dua tempat, salah satunya di Kota Yogyakarta. Dari dalam museum ini kita bisa melihat kisah hidup Jenderal Sudirman dan Keluarganya di museum ini.

Dulu bangunan ini merupakan rumah milik pejabat keuangan Para Pakualaman bernama Tuan Wijnschenk.

Jenderal Sudirman baru menempati rumah ini baru setelah Indonesia merdeka. Bentuk ruangan rumah ini juga pada umumnya, ada ruang tamu, ruang tengah, ruang kerja, dan ruang tidur.

3. Museum Bung Karno

Museum Bung Karno berada di Kota Blitar yang juga masih satu kompleks dengan makan Presiden pertama RI tersebut.

Kompleks museum Bung Karno ini sangat ramai pengunjung, selain masyarakat ingin ziarah ke makam bapak proklamator itu, mereka juga bisa berkunjung ke perpustakaan umum yang memiliki koleksi buku sangat beragam.

Museum Bung Karno sendiri banyak menyimpak koleksi benda-benda milik Soekarno sendiri.

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang berada di Menteng, Kota Jakarta Pusat. Museum yang disingkat dengan Munasprok merupakan lokasi proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia.

Di dalam museum Munasprok terdapat replika naskah asli proklamasi dalam bentuk tulisan tangan Soekarno.

5. Museum Monumen Pangeran Diponegoro

Kembali ke Kota Yogyakarta, di sana juga ada Museum Monumen pangeran Diponegoro. Yang mana di dalamnya ada kurang lebih 100 buah barang peninggalan Pangeran Diponegoro.

Museum yang terletak di Kecamatan Tegalrejo ini memiliki sudut ikonik. Yaitu tembok yang dijebol oleh Pangeran Diponegoro untuk melarikan diri dari kepungan Belanda.

Masyarakat di sana percaya bahwa, jebolnya tembok itu akibat ditendang oleh sang Pangeran.

6. Museum R.A Kartini

Selain tokoh pejuang laki-laki, Indonesia juga pernah melahirkan pahlawan hebat bernama R.A Kartini yang dikenal tentang perjuangannya menuntut hak-hak perempuan.

Perjuangan R.A Kartini bisa kita pelajari sejarahnya di Museum R.A. Kartini. Museum ini menyimpan benda-benda peninggalan milik R.A Kartini dan Sosro Kartono kakak kandungnya.

Museum ini berlokasi di sebelah utara alun-alun Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (wld/ipg)

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src=”https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.10&appId=2711695858907371″;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

Berita Terbaru Terkait “Museum Sebagai Perawat Memori Perjuangan Bangsa” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021

👆🏽PROMO GRATIS👆🏽
👆🏽PROMO GRATIS👆🏽

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *