Oknum Polisi Terlibat Narkoba, Sosiolog: Disiplin Internal Diri Lemah!

  • Bagikan
Oknum Polisi Terlibat Narkoba, Sosiolog: Disiplin Internal Diri Lemah!

Surabaya – Penangkapan tiga oknum polisi di Surabaya mendapatkan berbagai sorotan, termasuk dari salah seorang sosiolog bernama Prof Hotman Siahaan. Ia menyesalkan bagaimana seorang penegak hukum, dengan tugasnya sebagai aparatur negara yang menegakkan dan mendisiplinkan masyarakat sekarang malah dilanggar sendiri.

“Bagi saya, disiplin internal diri mereka lemah. Karena pelanggaran hukum artinya dia tidak menghargai kedisiplinan diri dan kesatuan. Saat seseorang melanggar aturan, memang ada beberapa faktor atau penyebab, tapi yang paling utama kan dari dalam diri sendiri,” ungkap prof Hotman saat dihubungi media infosurabaya.id, Kamis (11/3/2021).

Prof Hotman mengatakan, sebagai seorang polisi sudah ada penanaman dan doktrin kedisipilinan dan batasan untuk mana yang boleh dan dilarang sesuai dengan aturan profesi. Soal faktor eksternal seperti kebutuhan hidup, ia menjelaskan harus ada fakta dan datanya terlebih dahulu.

“Nah fakta yang ada sekarang adalah tiga orang bandar menerima uang setoran dari bandar narkoba, yang artinya sudah mengkhianati sumpah jabatannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhonny Edison Isir membenarkan pengamanan ketiga oknum polisi tersebut. Ia mengatakan, penangkapan ini bermula dari pengungkapan Satnarkoba Polrestabes Surabaya, ada salah satu sindikat jaringan kelompok dari Madura.

“Setelah kami laksanakan proses pendalaman, ditemukan beberapa oknum Polrestabes Surabaya, yang itu didalami lebih lanjut,” kata Isir.

Dirinya menegaskan, tidak ada toleransi bagi oknum polisi yang terlibat kasus narkoba entah dia seorang perwira maupun brigadir.

“Dengan dia menerima dan mencoba melindungi, artinya dia sudah menyalahi tugasnya yang harusnya mengungkap. Kedua, yang namanya ini kejahatan yang luar biasa. Kita perang tanpa henti berantas narkoba,” pungkas Isir.

Informasi ” Oknum Polisi Terlibat Narkoba, Sosiolog: Disiplin Internal Diri Lemah!
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/03/11/oknum-polisi-terlibat-narkoba-sosiolog-disiplin-internal-diri-lemah/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×