Operasi SAR 10 Korban Longsor Ngetos Dilanjutkan

  • Bagikan

Operasi SAR pencarian korban tanah longsor di Dusun Selopuro, Desa/Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, kembali dilanjutkan Selasa (16/2/2021).

Tim SAR hari ini mulai pencarian 10 korban tersisa dari total 21 korban yang tertimbun longsor Minggu malam (14/2/2021) kemarin.

Petugas gabungan sejak pagi melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup akses jalan menuju Kecamatan Ngetos. Aparat TNI/Polri berjaga melakukan screening di beberapa jalan simpang menghalau pengendara yang tidak berkepentingan dalam operasi SAR, agar mencari jalur lain.

Hal ini dilakukan karena situasi jalan di operasi hari pertama kemarin sangat padat. Banyak warga yang tidak berkepentingan berjubel di sekitar lokasi bencana, sehingga menghambat kerja operasional tim SAR.

Sekadar diketahui, bencana tanah longsor di Dusun Selopuro ini menimbun 9 rumah warga. Dalam peristiwa Minggu malam itu, belasan orang berhasil menyelematkan diri, tapi 21 orang ada yang tertimbun material longsoran.

Korban meninggal ditemukan antara lain Parmiati, Friska Amelia Sita, Putra, Umi, Hendra, Khasanah, Sri Utami, Fathim, Yatemo. Sedangkan korban yang ditemukan selamat yakni Tuli dan Juni.

I Wayan Suyatna Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya menjelaskan, dalam upaya pencarian korban ini, personel tim SAR gabungan dibagi menjadi dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU pertama melakukan pencarian secara manual dengan menggunakan sejumlah peralatan pendukung, seperti Alkon (mesin pompa air), sekop, dan cangkul.

Sementara SRU kedua melakukan pencarian dengan menggunakan eksavator. Sejumlah kendala dihadapi tim SAR gabungan saat melakukan upaya pencairan korban, di antaranya cukup sulitnya akses jalan untuk alat berat menuju ke lokasi, kondisi lokasi tanah longsor yang cukup curam, dan masih ada retakan tanah di sekitar lokasi.(bid/tin/lim)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/operasi-sar-10-korban-longsor-ngetos-dilanjutkan/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×