Pedagang Pasar di Surabaya Mulai Divaksin

  • Bagikan

Surabaya – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi hari ini memantau secara langsung proses vaksinasi para pedagang di Pasar Genteng Surabaya. Ia memperkirakan, sudah ada ratusan orang pedagang yang menerima jatah suntikan vaksin anti-COVID-19 ini. Dalam hal ini, dirinya memastikan bila alur pelaksanaan vaksinasi bagi pedagang sudah sesuai dengan arahan yang diberikan olehnya.

“Alhamdulillah tadi ada pengaturan yang saya sampaikan. Tadi dijaga betul, jadi ada tempat pendaftarannya, pemeriksaannya, suntik, setelah itu ada menunggu 30 menit dan mendapatkan kartu vaksin,” ungkap Eri saat memantau vaksinasi di Pasar Genteng, Senin (29/3/2021).

Eri mengungkapkan, calon penerima vaksin itu telah terlebih dahulu didaftarkan identitasnya oleh pihak PD Pasar Surya. Kemudian, data tersebut disetorkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya untuk langkah tindaklanjut.

“Makanya itu yang masuk hari ini adalah yang namanya terdaftar di datanya PD Pasar. Kalau yang belum tapi punya stand di dalam ya menunggu,” ujarnya.

Selain untuk pedagang pasar, vaksinasi ini juga menyasar kepada pedagang di Sentra Wisata Kuliner (SWK) dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dianggap rutin berhadapan langsung dengan masyarakat. Karena itulah, pihaknya berkeinginan menjamin kesehatan dan keselamatan, baik kepada pedagang maupun masyarakat saat melaksanakan kegiatan perekonomian.

“Kita berikan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” kata Eri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Februari Racmanita atau Feni menyatakan bahwa jumlah penerima vaksin di Pasar Genteng mencapai 513 orang pedagang.

“Kemungkinan (jumlahnya) masih bisa berkembang,” paparnya.

Upaya mempercepat pemutusan mata rantai pandemi COVID-19 akan terus digencarkan. Rencananya, Pemkot Surabaya akan menggelar vaksinasi di sejumlah fasilitas pasar lainnya.

“Untuk semua pasar, ada 30 pasar dengan total sekitar 20 ribuan (pedagang),” tutur Febria.

Pemkot Surabaya sendiri, lanjutnya, sudah mencangkan target perampungan vaksinasi bagi pedagang pada bulan April mendatang. Selain pasar induk, pemkot bakal melakukan vaksin di 30 pasar krempyeng secara serentak.

“Kita juga sudah targetkan vaksinasi khusus pedagang pasar yang jumlahnya sekitar 20 ribuan ini harus tuntas sampai tanggal 2 April 2021,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pendaftaran vaksinasi ini dilakukan secara satu pintu, yaitu melalui pihak PD Pasar Surya. Untuk vaksin yang digunakan untuk para pedagang pasar ini adalah vaksin AstraZeneca. Oleh karena itu, ia kembali mengajak kepada para pedagang pasar untuk segera mendaftar untuk divaksin.

“Kalau sudah divaksin, pasti akan lebih merasa aman ketika berjualan, tapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” jelas Febria.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi ini dipastikan digelar di lokasi masing-masing pasar. Hal itu dilatarbelakangi oleh rasa keberatan dari pihak pedagang untuk meninggalkan standnya masing-masing. Namun ketika di suatu pasar tidak memiliki ketersediaan lahan, maka pedagang akan dialihkan ke pasar terdekat.

“Jadi dijadikan satu, dan teman-teman puskesmas pasti sudah melakukan pemantauan sebelum melakukan vaksinasi,” pungkas Febria.

Informasi ” Pedagang Pasar di Surabaya Mulai Divaksin
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/03/30/pedagang-pasar-di-surabaya-mulai-divaksin/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×