Pemkot Surabaya Hapuskan Denda PBB-BPHTB

  • Bagikan

Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya memastikan penghapusan denda pajak bumi dan bangunan (PBB) dan Bea Perolehan atas Hak Tanah Bangunan (BPHTB) tahun ini.

Pelaksana Tugas Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, mengatakan kebijakan tersebut sebagai relaksasi bagi pengusaha dan warga Surabaya di masa pandemi COVID-19.

Whisnu menegaskan, dirinya sudah menginstruksikan Peraturan Wali kota menyoal tidak adanya kenaikan tarif PBB tahun ini. “Saya sudah instruksikan untuk segera menerbitkan Perwali tidak adanya kenaikan tarif PBB. Jadi nanti warga dan pengusaha hanya membayar tarif pokok saja,” tegasnya.

Selama ini, PBB dan BPHTB menjadi menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Kota Surabaya cukup besar. Yakni sekitar 70%, dari total PAD. “Kalau tahun kemarin PAD kita sekitar Rp5 triliun, ya prosentasi pemasukan segitu,” imbuh mantan Wakil Wali Kota Surabaya ini.

Dengan keringanan ini, WS berharap pengusaha dan warga Surabaya bisa bernafas lega. “Setidaknya ada kelonggaran selama masa PPKM mikro yang diterapkan besok,” pungkasnya.

Informasi “Pemkot Surabaya Hapuskan Denda PBB-BPHTB” Telah Tayang di infosurabaya.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×