Pemprov Jatim Tambah Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Vaksinator untuk Percepat Vaksinasi

  • Bagikan
Pemprov Jatim Tambah Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Vaksinator untuk Percepat Vaksinasi

Khofifah Gubernur Jatim meninjau langsung pelaksaan vaksinasi tahap kedua di Kabupaten Gresik, Sabtu (30/1/2021).

Khofifah meninjau vaksinasi di Rumah Sakit Semen Gresik yang bisa memvaksinasi hingga 100 orang per hari.

Ia didampingi Mohammad Qosim Wakil Bupati Gresik, Herlin Kepala Dinkes Jatim, drg. Ghozali Kepala Dinkes Kabupaten Gresik.

Selanjutnya ia menilik pengecekan ke Puskesmas Alun-alun Kabupaten Gresik.

Usai meninjau, Khofifah mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendorong percepatan vaksinasi di wilayah setempat agar sesuai target Joko Widodo Presiden, yakni 12 bulan tuntas.

Mantan Mensos ini menjelaskan, upaya percepatan perlu dilakukan dengan dua cara, yakni penambahan fasilitas layanan kesehatan dan tenaga vaksinator.

“Dengan menambah dua hal itu, apa yang ditargetkan Presiden Jokowi agar vaksinasi tuntas dalam waktu 12 bulan Insya Allah terealisasi,” kata Khofifah.

Ia mencontohkan di Gresik yang saat ini memiliki 56 fasilitas kesehatan, perlu ditambah menjadi 100 fasilitas, termasuk vaksinator di kabupaten/kota minimal 500 orang, dan harus terus ditingkatkan menjadi 1.000 orang.

“Sehingga, cakupan vaksinasi di masing-masing fasilitas kesehatan bisa berjalan lebih masif dan diharapkan 12 bulan dapat menyelesaikan proses vaksinasi,” tutur Khofifah.

Menurutnya, saat ini yang perlu didorong adalah di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Sidoarjo, karena jadi prioritas vaksin, dan akan menjadi referensi bagi kabupaten/kota lain.

Selain itu, kata dia, perlu koordinasi teknis seluruh pemegang kebijakan, tokoh masyarakat, agama, serikat buruh dan pekerja agar vaksinasi tetap menggerakkan masyarakat terkait protokol kesehatan.

“Kita harus terus melakukan sosialisasi 3M agar yang sehat tidak terpapar, serta masyarakat bisa mengikuti vaksinasi,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, drg Ghozali menyambut baik upaya percepatan itu. Gresik yang masih 56 fasilitas kesehatan akan ditingkatkan menjadi 100 fasilitas dengan sasaran vaksinasi untuk masyarakat umum.

Sementara tenaga vaksinator di Gresik hingga hari ini mencapai 277 orang dan akan terus ditingkatkan minimal 500 hingga 1.000 vaksinator.

Sementara Mohammad Qosim mengatakan seluruh masyarakat di wilayah itu menyambut baik vaksinasi Covid-19, dan sudah ada 4.460 orang yang telah divaksin serta belum ditemukan keluhan setelah vaksinasi.

“Vaksinasi itu aman dan membuat semakin kebal tubuhnya,” katanya.(dfn/den)

 

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/pemprov-jatim-tambah-fasilitas-kesehatan-dan-tenaga-vaksinator-untuk-percepat-vaksinasi/

Cari Berita Terkait Pemprov Jatim Tambah Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Vaksinator untuk Percepat Vaksinasi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×