Pengusaha UMKM Tagih Solusi dari Pemkot Surabaya

  • Bagikan
Pengusaha UMKM Tagih Solusi dari Pemkot Surabaya

Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya telah mencanangkan penertiban pada toko swalayan yang melanggar perizinan dengan menyewakan lahan parkir tempat usaha pada UMKM. Hal ini tertulis pada Surat Pemberitahuan Pemanfaatan Bangunan Toko Swalayan Nomor 510/05905/436.7.21.2021 yang terbit pada tanggal 12 lalu.

Didalam surat ini telah terdaftar 29 perusahaan pemilik swalayan di Surabaya yang melanggar pasal 17 huruf e dan h Perda Surabaya, serta nomor 8 Tahun 2014 tentang Penataan Toko Swalayan yang tertulis: Setiap Pelaku Usaha dilarang mengubah atau menambah sarana tempat usaha tanpa izin. Dalam hal ini, Pemkot Surabaya memberikan tenggang waktu selama seminggu untuk UMKM ini pergi dari swalayan.

Salah satu pemilik tenant di Surabaya Pusat, Arifin (40) mengaku para petugas dari Dinas Perdagangan Surabaya pada Senin (15/3/2021) mendatangi swalayan dan menanyakan perihal usaha miliknya. Mereka datang sembari menegur dan sesekali melontarkan kata-kata dengan nada emosi, dan bertanya kepadanya kenapa lahan bisa sampai disewakan.

“Kemarin datang, saya ditegur sama agak marah juga. Lah saya disini saja udah ada sekitar 2 setengah tahun dan selama itu juga ga ada masalah,” ungkap Arifin saat diwawancarai reporter infosurabaya.id, Selasa (16/3/2021).

Arifin mengungkapkan, kedatangan para petugas ini merupakan perintah daripada Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang mendesak bahwa tempat parkir swalayan harus steril. Tidak hanya itu, dirinya mengungkit juga perihal janji Eri yang akan membangkitkan ekonomi dan mengutamakan rakyat kecil.

“Kalau begini caranya, ga ada komunikasi, sosialisasi ngawur terus gimana kami mau cari makan. Wong kita sendiri selama dua setengah tahun itu aja rutin bayar sewa dan syukur-syukur lancar di tenagh pandemi gini,” ujarnya.

Sementara itu dilain tempat, pemilik tenant jajanan bernama Rina (32) mengatakan ketidaktahuannya soal lahan parkir yang tidak boleh di sewakan.

“Namanya kita ini pedagang kecil cuman pingin hidup cukup. Yah mau gamau kita mesti berharap ada solusi lain dari Pemkot Surabaya. Kalau memang tidak bisa berjualan disini tolong dibantu kami carikan tempat,” kata Rina.

Informasi ” Pengusaha UMKM Tagih Solusi dari Pemkot Surabaya
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/03/16/pengusaha-umkm-tagih-solusi-dari-pemkot-surabaya/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×