Penjelasan Fenomena Waterspout di Kenjeran Surabaya

  • Bagikan
Penjelasan Fenomena Waterspout di Kenjeran Surabaya

Surabaya – Pada hari Rabu (17/2/2021) kemarin, Kota Pahlawan dihebohkan dengan video angin puting beliung yang tersebar di media sosial WhatsApp. Terdapat empat video yang menayangkan kejadian tersebut, salah satunya yang berdurasi 109 detik tampak jembatan Suramadu dengan latar belakang penampakan angin puting beliung. Di video tersebut, berlokasi di sekitar Jembatan Suramadu ini juga terdengar suara dua orang lelaki sedang berbicara.

“Fenomena angin, ini angin puting beliung di Kenjeran,” ujar lelaki yang menunjukkan wajah di video yang ia rekam pada detik ke 20 ini.

Menanggapi kejadian tersebut, Teguh tri susanto, S. Si, MT selaku koordinator bidang data dan informasi, BMKG Juanda, Sidoarjo menjelaskan bahwa fenomena tersebut bernama Waterspout. Kejadian waterspout ini adalah kolom pusaran air yang tertarik masuk ke dasar awan, dan disebabkan oleh adanya awan Cumulonimbus.

“Nah yang perlu dipahami adalah tidak semua awan Cumulonimbus menimbulkan waterspout. Kejadian seperti ini memang bersifat lokal dan dalam waktu singkat,” ujarnya.

Salah satu warga bernama M Irsyad menceritakan, pada hari Rabu sekitar pukul 15.00 kondisi awan terpantau agak mendung diikuti angin timur yang agak kencang. Angin ini awalnya bergerak mendekati kampung Sukolilo Baru, namun kemudian bergerak agak menengah dari pinggiran Jembatan Suramadu lalu kemudian menghilang.

“Munculnya di tengah laut dan biasanya angin ga sebegitu besar. Air laut dalam pusaran itu bergerak kearah daratan sekitar 100 meteran kemudian menghilang dan ga sampai kena pemukiman warga,” kata Irsyad.

Kendati demikian, kejadian serupa juga pernah terjadi lima tahun lalu yang menyebabkan beberapa asbes rumah warga terhempas. Kejadian angin tersebut, lanjut Irsyad sangat kencang dan berlangsung selama 15 menit kemudian menghilang.

“Dulu asbes warga kena. Tapi meskipun kencang cuman berlangsung 15 menit terus hilang,” pungkas Irsyad.

Informasi “Penjelasan Fenomena Waterspout di Kenjeran Surabaya” Telah Tayang di infosurabaya.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×