Pirelii Ungkap Biang Kerok Sejumlah Insiden Ban Pecah di GP Qatar

Pirelii Ungkap Biang Kerok Sejumlah Insiden Ban Pecah di GP Qatar

Pirelli mengungkap sejumlah insiden kegagalan ban di Grand Prix Qatar disebabkan karena para pembalap berulang kali melindas kerb sirkuit dan bukan karena cacat produksi.

Pebalap Mercedes Valtteri Bottas, duet tim Williams George Russell dan Nicholas Latifi, serta pembalap tim McLaren Lando Norris mendapati ban kiri depan mobilnya pecah di balapan malam hari di Sirkuit Losail dua pekan lalu saat mereka berupaya membuat strategi satu kali pitstop bekerja.

“Berdasarkan temuan sejauh ini, asal mula masalahnya terutama karena lamanya waktu ban ini dijalankan di atas kerb, dengan kecepatan tinggi dan dengan beban lateral dan vertikal yang cukup besar,” demikian pernyataan Pirelli seperti dilansir Reuters dan dikutip Antara, Jumat (3/12/2021), jelang Grand Prix Arab Saudi.

Pemasok utama ban untuk F1 itu mengatakan situasinya unik di Sirkuit Losail, trek yang menjadi langganan tuan rumah MotoGP dan untuk pertama kalinya digunakan di F1.

Pirelli menyebut pemakaian ban untuk melindas kerb telah merusak konstruksi ban dan menyebabkan hilangnya tekanan di dinding samping bagian dalam, yang menyebabkan struktur runtuh setelah beberapa detik.(ant/ipg)

Berita Terbaru Terkait “Pirelii Ungkap Biang Kerok Sejumlah Insiden Ban Pecah di GP Qatar” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021