Polri beserta Jajaran Lakukan Persiapan Akhir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021

  • Bagikan
Polri beserta Jajaran Lakukan Persiapan Akhir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021
Polri beserta Jajaran Lakukan Persiapan Akhir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021

Surabaya – Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Eddizon Isir S.I.K., M.T.C.P. memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 di Lapangan A Mako Polrestabes Surabaya pada Rabu (5/5/21) pagi. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengecekan akhir dalam persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021, dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Peningkatan aktivitas masyarakat, khususnya jelang akhir bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1442 H, menyebabkan adanya tren peningkatan presentase kasus covid sebesar 2,03%. Dengan ini, Presiden Jokowi memberlakukan kebijakan pelarangan mudik kembali yang sebelumnya pernah diberlakukan pada tahun 2020 lalu.

Survey Kementrian Perhubungan mengungkap, apabila pelarangan mudik tidak dilakukan oleh Pemerintah, maka akan terjadi pergerakan mudik sebesar 81 juta orang. Namun, masih ada 7% atau 17,5 juta orang yang melaksanakan kegiatan mudik meski telah diberlakukan pelarangan mduik.

Selain itu, diingatkan dengan adanya peningkatan jumlah kasus Covid – 19 di luar negeri, India. Kasus  baru mencapai angka 400.000 dan 3.500 kasus kematian dalam sehari. Kelengahan masyarakat dalam hal ini menjadi penyebab utama peningkatan tersebut. Maka masyarakat Indonesia perlu antisipasi agar tidak lengah, terlebih dengan adanya varian baru Covid – 19 yang masuk ke Indonesia. Virus tersebut diantaranya, B-117 dari Inggris, B-1617 dari India, dan B-1351 dari Afrika Selatan.

Menyikapi hal tersebut, akan dilakukan Operasi Ketupat 20212021 selama 12 hari pada 6 – 17 mei 2021 dengan total jumlah personel yang terlibat sebanyak 155 ribu personel gabungan. 90.952 personel Polri, 11.533 pasukan TNI, 52.880 personel dari instansi terkait seperti Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja, dan lain – lain.

Selain itu, akan didirikan 381 pos penyekatan untuk mengantisipasi niat masyarakat yang masih berniat dan akan melakukan pulang kampung. 1.536 pos pengamanan, 596 pos pelayanan dan 180 pos terpadu untuk pengamanan di pusat keramaian; pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, dan tempat wisata.

“Saya perintahkan kepada petugas di lapangan, untuk mengawasi pelaku perjalanan internasional secara ketat. Pastikan pelaksanaan karantina di tempat yang telah ditunjuk. Sesuaikan dengan manifes pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia,” tulis Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang disampaikan oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Eddizon Isir S.I.K., M.T.C.P. pada Apel Gelar Pasukan, Senin (5/5/21).

Pada pernyataan tersebut, seluruh petugas pengamanan juga akan terus melakukan pengawasan secara ketat. Khususnya terhadap masuknya pelaku perjalanan Internasional ke Indonesia.

Posko pengamanan didirikan di terminal, bandar udara, pelabuhan, dan stasiun akan diberlakukan pengendalian persebarn Covid – 19. Upaya tersebut berupa pengawasan protokol Kesehatan. Kedua, pengecekan dokumen yang wajib dimiliki penumpang yang berisi hasil negatif tes Covid – 19 paling lambat 1 x 24 jam dan eHAC. Ketiga, melakukan Rapid Test Antigen secara acak kepada penumpang. Keempat, mencegah dan melakukan penertiban kerumunan masyarakat, dan terakhir melaksanakan pembagian masker.

Diharapkan dengan adanya pelarangan mudik dan upaya – upaya dari pemerintah dalam melaksanakan pengamanan, masayrakat dapat menyadari pentingnya imbauan ini. Kasus Covid – 19 adalah masalah penting yang perlu segera dituntaskan. Bersama dengan masyarakat, seluruh pihak terkait akan berusaha dalam mengoptimalkan kesadaran patuh protokol Kesehatan di Indonesia.

Informasi ” Polri beserta Jajaran Lakukan Persiapan Akhir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021
Telah Tayang di : http://surabayaraya.com/polri-beserta-jajaran-lakukan-persiapan-akhir-pada-apel-gelar-pasukan-operasi-ketupat-semeru-2021/

Cari Berita Terkait Polri beserta Jajaran Lakukan Persiapan Akhir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×